Sosialisasi Pedoman Penyusunan APBD 2022, Espin: Banyak Hal Penting Diperoleh

Sosialisasi Pedoman Penyusunan APBD 2022, Espin: Banyak Hal Penting Diperoleh

24/09/2021 20:05 0 By Maman

Banggar DPRD Provinsi Gorontalo saat mengikuti Sosialisasi Pedoman Penyusunan RAPBD 2022. (Foto:hms)

Hulondalo.id – Banyak hal penting diperoleh Banggar DPRD Provinsi Gorontalo, saat mengikuti Sosialisasi Permendagri Nomor 27 tahun 2021 tentang, pedoman penyusunan APBD Tahun 2022.

Dalam sosialisasi yang digelar Kamis-Jum’at (23-24/9/2021) tersebut menurut Anggota Banggar DPRD Provinsi Gorontalo, Espin Tulie, mendapatkan informasi baru terkait dengan keuangan daerah, mulai penyusuan pokok-pokok pikiran saat reses hingga penetapan di Rapat Paripurna.

“Ya, kita terbuka dalam sosialisasi ini dan apa yang dilakukan perencanaan keuangan daerah itu sudah sesuai dengan tahapannya, di DPRD itu sudah ada tata tertib, bahwa pokir harus di paripurnakan,” terangnya.

Di sosialisasi tersebut, Espin juga mengatakan, penyelarasan pokok-pokok pikiran harus dilakukan melalui musrenbang atau reses, yang diselaraskan dengan pemerintah daerah melalui OPD terkait.

“Nah ini yang terlambat kita lakukan, harusnya kita memulai dari tahapan RKPD sebelum disahkan. Namun, di perubahan ini kita akan melakukan dan menetapkan pokok-pokok pikiran yang terjaring saat melakukan reses,” ujarnya.

Srikandi PDIP ini menjelaskan, dalama tahapan penginputan SIPD, ini sudah sesuai dengan UU Menteri PANRB dan Mendagri. Agar kata dia, kedepan aspirasi masyarakat terealisasi, sesuai dengan keuangan daerah.

“Jadi, sebelum musrenbang, kita harus melakukan sinkronisasi antara  DPRD dan Pemprov Gorontalo. Dan jika ini sudah terjalin, lalu kita paripurnakan dan tidak bisa diganggu gugat,” tuturnya.

Dia menambahkan, sosialisasi ini memberikan informasi lebih khusus kepada anggota DPRD Provinsi Gorontalo. (Inkri)