Standar Kemenkes RI Tentang Syarat Air Minum Layak Konsumsi

Standar Kemenkes RI Tentang Syarat Air Minum Layak Konsumsi

21/08/2019 20:39 0 By Maman

Hulondalo.id- Air merupakan sumber daya alam yang paling utama digunakan manusia, dalam memenuhi kebutuhan hidup. Oleh karena itu, masyarakat harus bisa mengetahui syarat air minum yang layak dikonsumsi oleh tubuh.

Hal ini seperti dijelaskan Pelaksana seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja Dan Olahraga Dikes Provinsi Gorontalo Suherman Dinata, tentang syarat air minum yang baik untuk dikonsumsi.

Dia mengatakan, Kementerian Kesehatan RI telah mengeluarkan peraturan Menkes RI No. 492/Menkes/Per/IV/2010, tentang Syarat Air Minum Layak Konsumsi. Adapun kualitas air minum yang aman untuk dikonsumsi kata Suherman, harus memenuhi dua parameter standar, yakni wajib dan tambahan.

Suherman menjelaskan, untuk parameter wajib sendiri, terdiri dari Mikrobalogi, yang artinya, tidak mengandung E-Coli, dan Bakteri Kolfrom. Kemudian, Bebas zat kimia beracun, PH 6,5 sampai 8,5.

“Air yang diminum tidak berbau, tidak berasa, TDS Maksimum 500 mg/l, serta tingkat warna maksimal 15 TCU, dan suhu maksimal 3 C”, jelas Suherman.

Sementara, untuk parameter tambahan, harus memperhatikan dua hal, pertama kimiawi, artinya air harus dipastikan tidak ada bahan kimia organik maupun anorganik, tercemar desinfektan dan pestisida.

“Dan kedua, Radioaktif maksimal yang mengandung Gross Aipha dan Beta Activity 0.1 Bq/I”, tegasnya.

Suherman berharap, masyarakat di Provinsi Gorontalo dapat memilih air yang baik untuk dikonsumsi, sesuai penjelasan aturan Kemenkes, sehingga tercapai derajat kesehatan yang setinggi-tingginya. (Rinto/5)