Subhanallah! Rumah di Banuroja Hangus Terbakar, Kitab Ini Selamat

26/05/2019 15:22 0 By Alex

Rumah semi permanen yang terbakar hebat sempat terekam oleh kamera ponsel milik warga sekitar.

Hulondalo.id – Warga Desa Banuroja, Kecamatan Randangan, Kabupaten Pohuwato, dikagetkan dengan peristiwa kebakaran yang menghanguskan sebuah rumah di kompleks Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah, Ahad (26/5/2019) dini hari tadi.

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 03.00 Wita, di saat warga sekitar bangun untuk makan sahur, tiba-tiba melihat kobaran api yang begitu besar di sebuah rumah.

“Saya bangun jam 3 lewat, so basar skali api di rumah itu,” kata Siti Maimunah kepada hulondalo.id.

Warga pun ramai-ramai langsung mendatangi rumah tersebut. Sayangnya, kondisi api yang sudah terlanjur besar membuat warga sulit untuk memadamkannya. Beruntung, penghuni rumah, Iyan berhasil diselamatkan oleh warga dengan kondisi punggungnya yang mengalami luka bakar. Sementara api baru bisa padam setelah selesainya waktu shalat Shubuh.

Rumah yang ditinggali Iyan ini rata dengan tanah. Pihak keluarga pun mencari sisa-sisa harta benda yang masih bisa diselamatkan.

Tapi, Subhanallah, ada pemandangan yang menyayat hati. Kebakaran yang membumihanguskan rumah semi permanen itu malah menyisakan sebuah kitab yang di dalamnya ada tulisan ayat Alquran. Bagian pinggir kitab kuning “Syarah Kailani” itu nampak terbakar, tetapi di bagian tengahnya seperti tidak tersentuh api.

Menurut penuturan warga sekitar, rumah tersebut dulunya ditinggali salah seorang tokoh agama yang dikenal religius di Desa Banuroja. Namanya adalah almarhum H Sholikin. Nah, kitab kuning Syarah Kailani itu adalah milik almarhum H Sholikin.

Kitab kuning Syarah Kailani yang ditemukan pada puing-puing sisa kebakaran rumah di Desa Banuroja ini.

Peristiwa itu membuat warga sekitar takjub. Bahkan, menjadi buah bibir warga sekitar. Kitab-kitab tersebut kemudian disimpan oleh salah seorang santri yang merupakan bagian dari keluarga korban.(Yadin)