Sudah Ada SPN, Gubernur Perjuangkan Secaba TNI di Gorontalo

Sudah Ada SPN, Gubernur Perjuangkan Secaba TNI di Gorontalo

28/03/2019 01:36 0 By Alex

Gubernur Rusli Habibie saat menjadi Inspektur Upacara pada kegiatan TNI Manunggal Karya di Kabupaten Boalemo, beberapa waktu lalu.(f.istimewa)

Hulondalo.id – Jika tak ada aral melintang, Gubernur Rusli Habibie direncanakan akan bertemu dengan Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Andika Perkasa, Kamis (28/3/2019).

Agenda Gubernur Rusli Habibie tersebut salah satunya untuk memperjuangkan pembangunan Sekolah Calon Bintara (Secaba) TNI Angkatan Darat (AD) di Provinsi Gorontalo.

Sebelumnya, untuk pendidikan kedinasan, Gorontalo telah memiliki Sekolah Kepolisian Negara (SPN) yang berlokasi di Kecamatan Batudaa, Kabupaten Gorontalo. Dan telah berhasil meluluskan angkatan pertama SPN Batudaa. Bahkan, saat ini tengah melakukan penerimaan calon bintara baru.

Menurut Gubernur Rusli Habibie, dengan hadirnya Secapa TNI AD di Gorontalo akan memberikan kesempatan lebih banyak kepada putra daerah untuk berkarir di dunia militer.

Apalagi, kata Rusli, saat ini Gorontalo sudah memiliki Korem 133/Nani Wartabone dan ketambahan Kodim 1313/Pohuwato yang telah beroperasi sejak September 2018.

Terkait pembangunan Secaba TNI AD, bahkan Gubernur Rusli Habibie mengakui sudah menyiapkan lahan sebesar 25 Hektar di Kabupaten Pohuwato. Jika Secaba TNI benar-benar terealisasi, maka sudah ada 2 pendidikan kedinasan di Gorontalo yang dapat meningkatkan kesempatan putra daerah untuk berkarir baik di TNI maupun Polri.(usman)