Sudah Dibersihkan, Wabup Dapati Tumpukan Sampah di Kawasan Blok Plan

Sudah Dibersihkan, Wabup Dapati Tumpukan Sampah di Kawasan Blok Plan

18/01/2021 21:52 0 By Maman

Wabup Thoriq Tumpukan Sampah

Wabup Gorontalo Utara, Thoriq Modanggu saat mengecek tumpukan sampah di kawasan blok plan Gorontalo Utara. (foto:istimewa)

Hulondalo.id – Tumpukan sampah masih ditemukan di kawasan blok plan perkantoran Pemkab Gorontalo Utara. Sebelumnya, tumpukan sampah ini kata Wabup Gorontalo Utara, Thariq Modanggu, sudah dibersihkan.

“Tumpukan sampah ini sudah dibersihkan tahun lalu, sebelumnya tak jauh dari lokasi sekarang,” kata Wabup, usai meninjau lokasi pembuangan sampah sembarangan yang ada disekitar Blok Plan bersama Kadis Lingkungan Hidup dan Kades Molingkapoto Selatan, Senin (18/1/2021).

Wabup meminta agar warga, khususnya yang memiliki warung atau rumah makan, memiliki tempat pembuangan sampah sendiri. Wabup meminta Kadis Lingkungan Hidup dan Kades Molingkapoto Selatan bersama-sama bertanggung jawab menertibkan masyarakat.

Upaya lainya juga harus dilakukan, dengan menyiapkan tempat pembuangan sampah sementara. Termasuk, pemilik warung dan rumah makan di kompleks blok plan. Sebab, informasi yang diterimanya, sampah itu dibuang dari tempat lain dan diantar malam hari.

Tempat penampungan sampah sementara ini kata Wabup, setiap hari harus dijemput oleh petugas. Dampaknya pasti ada dari sisi kesehatan.

“Tidak boleh sampah dibakar, harus dipilah, setelah itu dibawa ke tempat pembuangan akhir,” ungkap Wabup.

Dinas Satpol-PP juga diminta Wabup, menjadwalkan penjagaan disekitar blok plan, termasuk mengawasi jangan ada yang membuang sampah ditempat itu.

“Masyarakat jangan berasumsi bahwa, itu tugas dari dinas lingkungan hidup,” kata Wabup. (Prin/Adv)