Sudah Diputuskan, Tak ada Pasar Senggol dan Festival Tumbilotohe Tahun ini

Sudah Diputuskan, Tak ada Pasar Senggol dan Festival Tumbilotohe Tahun ini

22/04/2021 17:44 0 By Syakir

Walikota Gorontalo Marten Tahama

Hulondalo.id – Walikota Gorontalo, Marten Taha mengatakan, tahun ini tidak ada pelaksanaan Festival Tumbilotohe. Pun begitu dengan Pasar Senggol, yang selalu hadir di dua minggu terakhir ramadhan juga ditiadakan untuk tahun ini.

Hal tersebut disampaikan Marten Taha, berdasarkan hasil keputusan bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Gorontalo serta forkopimda kabupaten/kota, pada Kamis (22/4/2021), secara virtual.

Sebelumnya, Marten berencana bahwa pasar senggol akan dilaksanakan dengan memberlakukan protokol kesehatan yang ketat. namun saat dibahas secara bersama forkopimda, semua pihak setuju dengan peniadaan pasar senggol demi memutus penularan covid -19 yang masih mewabah.

“Rencana hanya mengijinkan kepada para pedagang yang saat ini berjualan, dan memperketat pos penjagaan masuk ke lokasi pedagang dengan memberlakukan tes antigen atau genose,” kata Marten.

Demikian juga dengan pelaksanaan festival tumbilatohe. Marten mengatakan, pelaksanaan tradisi menjelang empat malam terakhir ramadahan itu ditiadakan, pemerintah hanya memperbolehkan pemasangan lampu cukup dirumah masing – masing, dan tempat tertentu yang dikecualikan.

“Hasil keputusan rapat hari ini tentunya akan kita lakanakan bersama-sama,” lanjutnya.

Hal lain yang menjadi pokok pembahasan adalah terkait kebijakan pelarangan mudik, sebagaimana surat edaran no 13 tahun 2021 gugus tugas covid -19. pemerintah daerah diminta untuk segera mensosilisasikannya kepada masyarakat, sebelum efektif dilaksanakan mulai pada tanggal 6 s/d 17 mei mendatang. (inkri/adv)