Suharso Monoarfa dan Sandiaga Uno Segera Sandang Gelar Adat Gorontalo

Suharso Monoarfa dan Sandiaga Uno Segera Sandang Gelar Adat Gorontalo

24/03/2021 00:10 0 By Alex

Sandiaga Uno Suharso Monoarfa

Menparekraf Sandiaga Uno bersama Menteri PPN/Bappenas Suharso Monoarfa. (F. Kemenparekraf RI)

Hulondalo.id – Pemerintah Provinsi Gorontalo tengah mempersiapkan pulanga atau gelar adat untuk 2 tokoh Nasional berdarah Gorontalo.

Mereka masing-masing Menteri PPN/Bappenas Suharso Monoarfa dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno.

Jika tak ada aral melintang, pemberian pulanga ini akan digelar di Jakarta pada 7 April 2021 mendatang.

“Kita tetapkan pelaksanaannya tanggal 7 April 2021,” ujar Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim saat memimpin rapat persiapan, Selasa (23/3/2021).

Adapun persiapan yang dibahas di antaranya pakaian adat yang akan dikenakan 2 menteri tersebut, pembangunan panggung adat, undangan, buku panduan adat, hingga persiapan akomodasi, pengamanan dan parkiran kendaraan.

“Bahan untuk baju adat paling lambat hari Sabtu ini sudah dikirim ke Jakarta biar segera dijahit. Demikian pula halnya untuk panduan adat harus segera disusun dan diupayakan selesai seminggu sebelum hari H,” pinta Idris.

Penganugerahan pulanga kepada 2 tokoh nasional itu merupakan momentum untuk mempromosikan potensi wisata serta kekayaan budaya dan adat Gorontalo. Olehnya, Idris meminta agar pelaksanaan gelar adat dapat diekspos semaksimal mungkin.

“Seluruh proses persiapan, besok harus sudah mulai dikerjakan,” tandasnya.(adv/alex)