Suksesi Boalemo, Kris Wartabone Sebut PDI-P Terbuka ke Haji Darem

Suksesi Boalemo, Kris Wartabone Sebut PDI-P Terbuka ke Haji Darem

15/07/2020 11:33 0 By Narto

Ketua DPD PDI-P Provinsi Gorontalo, Moh. Kris Wartabone bersama Bupati Boalemo Darwis Moridu

Hulondalo.id – Meski masih jauh, namun percaturan politik Pilkada Kabupaten Boalemo mulai ramai diperbincangkan. Tak jarang tokoh-tokoh politik dengan segala kemampuan pun mulai disandingkan.

Demikian halnya kedudukan partai politik (Parpol) di parlemen ikut dipetakan. Nah, dari sekian banyak Parpol pemilik kursi di DPRD Boalemo, hanya PDI Perjuangan (PDI-P) saja yang tak harus berkoalisi. Itu karena syarat pencalonan sudah terpenuhi, bahkan melampaui, yakni 7 kursi hasil Pileg 2019.

Nah, potret ini pula, kadang menimbulkan tensi politik mulai memanas di daerah berslogan Bumi Damai Bertasbih itu. Seiring munculnya beragam pertanyaan soal sikap dan arah PDI-P mengusung kandidatnya nanti. Apakah tetap menjagokan incumbent, Bupati Boalemo Darwis Moridu, atau justru ada figur lain disiapkan. Segumpal pertanyaan itu masih menyelimuti, lantaran PDI-P Boalemo kini banyak bertabur figur handal di internal.

Sebut saja, nama Ketua DPC PDI-P Boalemo Karyawan Eka Putra Noho dengan ketokohan yang tak kalah popularitas dan elektabilitas yang teruji. Begitu pula Ketua Fraksi PDI-P di DPRD Boalemo Harijanto Mamangkey dan srikandi PDI-P Boalemo Hj. Rensi Makuta.

Ditambah lagi dua tokoh pengusaha sukses, yakni Danial Farit yang akrab disapa Bos Para’e dan Hasan Djubedi atau dikenal Haji Unang.

Namun, dari deretan figur ini, bisa saja Haji Darem masih diunggulkan. Sebab, mengutip pernyataan Ketua DPD PDI-P Provinsi Gorontalo Moh. Kris Wartabone ketika menghadiri pembentukan organisasi sayap DPC PDI-P Boalemo, Minggu (12/7/2020). Saat itu, Kris Wartabone justru cenderung menjagokan incumbent Bupati Boalemo Darwis Moridu.

“Dukungan PDI-P tentu mutlak ke Haji Darem,” kata politisi kharismatik dimiliki PDI-P Gorontalo ini.

Kris lantas mengatakan, partainya harus berbangga karena punya banyak kader-kader hebat yang sungguh-sungguh membesarkan PDI-P. Bahkan, bisa jadi kedepan PDI-P Boalemo tetap mengusung Bupati Darwis Moridu bersama kader sendiri. Disini kebetulan ada Ketua DPC PDI-P Boalemo, Pak Eka.

“Tetapi semua itu saya serahkan kepada Rakyat Boalemo dan internal DPC PDI-P Boalemo. Insya Allah, PDI-P tetap bersama Pak Bupati Darwis Moridu sampai kapan pun. Selama beliau terus mencintai rakyat, mencintai Pancasila dan NKRI. Tidak ada jalan lain, PDI-P welcome dan terbuka untuk pak Bupati Darem,” ungkap Kris Wartabone.

Meski demikian, Kris sembari memberikan catatan sebagai instruksi Ketua Umum DPP PDI-P Megawati Soekarno Putri. Instruksi itu menekankan 3 pilar penting. Pertama, struktural partai harus solid dari tingkat atas sampai ke tingkat anak ranting. Pilar kedua yakni membangun sinergi lintas fraksi di parlemen, dan pilar ketiga adalah kader terbaik sebagai pelaksana dan pengeksekutif program partai dari tingkat nasional, provinsi dan kabupaten/kota.

Berderatan dari kanan, Ketua DPD PDI-P Provinsi Gorontalo, Moh. Kris Wartabone bersama Bupati Boalemo Darwis Moridu didampingi Ketua DPC PDI-P Boalemo, Karyawan Eka Putra Noho dan Hasan Djubedi.(F.Narto/HL)

“Ketiga pilar ini harus dijaga terus solidaritasnya. Kepada Bupati Boalemo senantiasa menjaga solidaritas. Tidak hanya punya kepentingan dengan fraksi di DPRD kabupaten, tetapi juga fraksi di tingkat provinsi bahkan fraksi tingkat DPR RI,” pesan Wakil Ketua Deprov Gorontalo ini.(Narto)