Sukseskan Pemilu 2019, Penyelenggara Harus Miliki Ini !!

18/12/2018 07:30 0 By admin

Ketua Bawaslu RI Abhan, kala menyampaikan sambutan di acara Dialog Nasional di Grand Q Hotel, Senin (17/12/18) malam.

Hulondalo.Id – Kedatangan ketua Bawaslu RI Abhan sangat di tunggu-tunggu. Tak cuma penyelenggara pemilu, akademisi hingga kalangan masyarakat umum pun  ingin mendapatkan pencerahan seputar persoalan persoalan pemilu.

Hal ini terlihat dari banyaknya orang yang ingin memberikan pertanyaan, maupun saran terhadap aturan penyelenggaraan pemilu tahun 2019, pada dialog Nasional Senin (17/12/18) dihotel grand Q kota Gorontalo, dengan tema “Eksistensi Demokrasi dalam Prespektif Politik Santun”.

Dalam dialog tersebut, ketua Bawaslu RI Abhan menekankan pentingnya para penyelenggara pemilu untuk patuh terhadap aturan perundang-undangan, maupun aturan yang menjadi turunannya.

Ada beberapa hal yang di sampaikan oleh ketua Bawaslu RI, diantaranya soal pasal tindak pidana pemilu pada UU No 7 Tahun 2017. Menurut Abhan, Ada empat elemen penting dalam mensukseskan Pemilu di 2019 nanti, yaitu:

  1. Penyelenggara, dalam hal ini KPU, Bawaslu, DKPP yang menjaga etik penyelenggara pemilu. Sebagai penyelenggara harus memiliki integritas.

  2. Peserta pemilu itu sendiri, partai politik, peserta pemilu juga harus punya integritas, dan menyampaikan kampanye politik yang baik kepada masyarakat.

  3. Masyarakat Pemilih, juga harus berintegritas, serta menjadi pemilih yang cerdas, dan taat pada aturan.

  4. Elemen regulasi, yakni Undang-Undang, yang menjadi pedoman pelaksanaan.

Abhan juga menambahkan, sampai saat ini Bawaslu telah menerima laporan terkait dugaan pelanggaran pemilu sudah lebih dari 1000 laporan. Sehingganya, dirinya berharap, kepada masyarakat agar mewujudkan Pemilu 2019 yang berintegritas, bermartabat, cerdas, dan santun, tegas Abhan. (Hl/rto)