Suku Bunga Acuan BI Turun Jadi 4,5% Gara-gara Corona

Suku Bunga Acuan BI Turun Jadi 4,5% Gara-gara Corona

19/03/2020 22:00 0 By Alex

Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo. (f.dok)

Hulondalo.id – Bank Indonesia (BI) kembali memutuskan untuk menurunkan BI 7-Day Reverse Repo Rate sebesar 25 bps menjadi 4,5% pada Rapat Dewan Gubernur (RDG), Kamis (19/3/2020).

Bank sentral juga menurunkan suku bunga Deposit Facility sebesar 25 bps menjadi 3,75%, dan suku bunga Lending Facility sebesar 25 bps menjadi 5,25%.

“Langkah ini ditempuh dalam koordinasi yang sangat erat dengan Pemerintah dan OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dalam memitigasi dampak Covid-19 sehingga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan tetap terjaga, serta momentum pertumbuhan ekonomi dapat dipertahankan,” ujar Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko, dikutip dari laman bi.go.id.

Dia menambahkan, pihaknya akan terus memperkuat koordinasi dengan memonitor secara cermat dinamika penyebaran Covid-19 dan dampaknya terhadap Indonesia dari waktu ke waktu, serta langkah-langkah koordinasi kebijakan lanjutan yang perlu ditempuh baik oleh Pemerintah, Bank Indonesia, maupun OJK untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan, serta mempertahankan momentum pertumbuhan ekonomi.(Alex)