Sumber Dana IFAD & IDB, Nelson Sukses Bawa Program UPLANDs ke Kabupaten Gorontalo

Sumber Dana IFAD & IDB, Nelson Sukses Bawa Program UPLANDs ke Kabupaten Gorontalo

29/11/2019 13:24 0 By Maman

Kepala Bappeda Kabupaten Gorontalo Cokro Katili.

Hulondalo.id- Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, sukses memperjuangkan kerjasama global berupa program luar negeri, Upland Agriculture Productivity and Markets Projeck (UPLANDs).

Program ini kata Kepala Bappeda Kabupaten Gorontalo Cokro Katili, bersumber dari dana penerusan hibah dari lembaga keuangan International Fund Agriculture Development (IFAD) dan Islamic Development Bank (IDB). Program dimaksud berupa pengembangannya pisang di Kabupaten Gorontalo.

Cokro juga menjelaskan, ini upaya Bupati Nelson untuk mencapai target RPJMD 2016-2021. Salah satu misi yang tertuang dalam RPJMD tersebut, melakukan kerjasama global untuk pembangunan daerah.

“Tahun 2020 ini, masih tahap persiapan program dan tahun 2021 realisasi programnya,” kata Cokro.

Program pengembangan pisang kata Cokro, menjadi komoditi yang dipilih sebagai arahan program prioritas daerah ‘Integrated Farming System’ (Pertanian Terpadu), yang dikelola mulai dari hulu sampai hilir, termasuk aspek pemberdayaan masyarakatnya.

Program ini juga kata Cokro, menjadi alasan Bupati Gorontalo melakukan kerjasama dengan berbagai pihak termasuk swasta melalui kerjasama internasional.

“Dengan tujuan mendatangkan anggaran untuk mendukung pembangunan di Kabupaten Gorontalo,” ungkap Cokro.

Selain program tersebut, tahun 2019 ini juga, Kabupaten Gorontalo menjadi lokasi dari program READ SI. Program tersebut, merupakan hibah luar negeri dari lembaga keuangan IFAD.

“Tahun ini adalah tahapan persiapan program, dan tahun 2020 mulai pada pelaksanaan program inti kepada para petani, baik sarana dan prasarana produksi maupun dana start up kepada para petani,” ujar Cokro. (Ika/Adv)