Sumber Informasi Budaya & Peradaban, Museum Keliling Gorontalo Edukasi Masyarakat

Sumber Informasi Budaya & Peradaban, Museum Keliling Gorontalo Edukasi Masyarakat

27/10/2021 21:10 0 By Maman

Museum Keliling UPTD Museum Purbakala Gorontalo

UPTD Museum Purbakala Gorontalo saat menggelar Museum Keliling. (foto:hms)

Hulondalo.id – UPTD Museum Purbakala Dinas Dikbudpora Provinsi Gorontalo menggelar Museum Keliling. Seperti diketahui bahwa, museum merupakan sumber informasi budaya dan peradaban. Ini sejalan dengan visi misi UPTD Museum Purbakala Provinsi Gorontalo.

Kepala UPTD Museum Purbakala, Hja, Meli Mohamad, M.Pd mengatakan, museum keliling ini untuk mendekatkan diri dengan masyarakat.

“Museum keliling untuk memperkenalkan eksistensi UPTD Museum Purbakala Provinsi Gorontalo dan koleksi-koleksinya kepada generasi muda, khususnya pelajar SMA/SMK,” ungkapnya kepada Hulondalo.id, Rabu (27/10/2021).

Meli menjelaskan, 300 orang siswa SMA/SMK perwakilan dari 6 kabupaten/kota se Provinsi Gorontalo hadir dalam sosialisasi ini.

“Museum keliling di awali di Kabupaten Gorontalo tepatnya di SMAN 1 Bongomeme, dan 4 sekolah terdekat lainnya yakni SMAN 1 Dungaliyo, SMA Muh. Batudaa, SMKN 1 Batudaa, juga SMKN 1 Dungaliyo,” ujarnya.

Sementara itu, Pemateri dari Pamong Budaya BPCB Suluttenggo, Buhanis Ramina, S.S, ACB, mengatakan, kegiatan ini bisa memberikan edukasi kepada masyarakat milenial tentang keberadaan museum, dan fungsinya juga sekaligus memperkenalkan sebagian jenis koleksi yang ada di Museum Purbakala.

“Semoga melalui sosialisasi, para siswa-siswi di Gorontalo tetap menjaga dan melestarikan budaya terkait Museum ini,” terangnya. (Inkri)