Swab Antigen di Sekolah se Gorontalo Utara Diawali Sosialisasi

Swab Antigen di Sekolah se Gorontalo Utara Diawali Sosialisasi

17/11/2021 14:19 0 By Maman

Youke H Lamataw

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Gorontalo Utara, Youke LH Lumataw.

Hulondalo.id – Pelaksanaan Swab Antigen disemua sekolah di Gorontalo Utara, akan diawali dengan sosialisasi. Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Gorontalo Utara, Youke LH Lumataw mengatakan, rencana sebelumnya swab antigen akan dilakukan pada Selasa (16/11/2021).

Swab antigen ini kata Youke, direncanakan akan dilakukan diseluruh tingkatan sekolah baik itu SD, SMP dan SMA, kemudian tenaga pengajar atau guru dan orang tua siswa. Swab antigen ini juga kata dia, berkaitan dengan pemeriksaan berkala bagi sekolah yang sudah melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

“Kita masih akan menyosialisasikan, dan kami juga masih menunggu surat dari Dinas Dikbudpora Provinsi Gorontalo,” kata Youke saat ditemui diruang kerjanya, Rabu (17/11/2021).

Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo lanjut Youke, sudah menyampaikan surat termasuk juknis untuk melaksanakan kegiatan tersebut. Namun kata Youke, untuk ketertiban administrasi, masih menunggu surat dari Dinas Dikbudpora Provinsi Gorontalo, yang kemudian diteruskan ke sekolah-sekolah yang sudah melaksanakan pembelajaran tatap muka.

“Setelah itu, kami dari Dinas Kesehatan Gorontalo Utara akan turun, pada pelaksanaan pemeriksaan berkala di setiap sekolah yang sudah melaksanakan pembelajaran tatap muka,” imbuhnya.

Youke juga mengatakan, pemeriksaan berkala itu, terkait dengan protokol kesehatan. Setiap sekolah harus ada tempat cuci tangan, setiap siswa wajib menggunakan masker selama proses pembelajaran, sudah divaksin minimal dosis pertama pertama.

“Kemudian secara berkala juga akan dilakukan pemeriksaan swab antigen di sekolah,” tandasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Gorontalo Utara, Irwan Abudi Usman, juga mengakui, mengatakan surat dari Dinas Dikbudpora Provinsi Gorontalo, belum diterima. (Prin)