Swasta Bisa Berinvestasi Bangun Daerah, KPBU Tidak ‘Haram’ !!

Swasta Bisa Berinvestasi Bangun Daerah, KPBU Tidak ‘Haram’ !!

18/07/2019 12:42 0 By Syakir

Hulondalo.id – Keterbatasan anggaran daerah, sering menjadi penghambat program pembangunan. Gubernur Gorontalo Rusli Habibie pun mengisyaratkan, saatnya swasta dilibatkan diajak berinvestasi untuk membangun daerah sendiri.

Hal itu diutarakan Gubernur Gorontalo saat melepas ekspor perdana wood pellet, di Pelabuhan Anggrek Gorontalo Utara (Gorut), Kamis (18/7/2019).

Rusli Habibie pun mencontohkan pembangunan rumah sakit dr. Asri Ainun Habibie, yang saat ini pembiayaannya melibatkan swasta lewat skema KPBU (kerja sama pemerintah dan badan usaha), dan itu diizinkan oleh aturan.

“Sudah belasan tahun Gorontalo berdiri, sampai sekarang warga yang sakit harus rujuk luar daerah. Kami bangun rumah sakit dengan melibatkan swasta,” ujar Rusli yang menegaskan, pembangunan rumah sakit bagian dari program NKRI.

Begitu juga di Gorontalo Utara, warga disini sering kesulitan air bersih. “pak bupati libatkan swasta, minta mereka bangun sumber air bersih disini,” ungkap Rusli kepada Bupati Gorut Indra Yasin yang ikut hadir.

Bahkan Rusli pun memberi sinyal, pengusaha lokal bisa ikut berinvestasi membangun fasilitas fasilitas umum di daerah sendiri.

“kalo ada pengusaha lokal, nanti saya bicarakan dengan pak menteri,” sergah gubernur dua periode itu, yang dalam kesempatan itu menginstruksikan kepada bupati/walikota, agar bisa mempermudah izin investasi di daerah masing masing. (**)