Syarif Hanya Usulkan Satu Nama Calon Penjabat Sekda

Syarif Hanya Usulkan Satu Nama Calon Penjabat Sekda

27/05/2020 22:14 0 By Yadin

Kepala BKD Provinsi Gorontalo, Sukri Suratinojo. (istimewa)

Hulondalo.id – Walaupun ada 5 pejabat yang menguat sebagai calon Penjabat Sekda di Kabupaten Pohuwato, Gorontalo, secara regulasi Bupati Syarif Mbuinga hanya bisa mengusulkan satu nama untuk disetujui Gubernur Gorontalo.

Berdasarkan Perpres RI Nomor 3 tahun 2018 dan peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 91 tahun 2019, jelas tertuang paling lama 5 hari sejak terjadi kekosongan jabatan Sekda, Bupati wajib mengusulkan satu nama ke Gubernur Gorontalo untuk dimintai persetujuan.

Begitu juga Gubernur. Setelah menerima usulan Penjabat Sekda, hanya kurun waktu paling lama 5 hari secara aturan, Gubernur harus membalas usulan tersebut yang tentunya isinya persetujuan atau penolakan Penjabat Sekda Pohuwato.

“Iya semua tertuang dalam Perpres No 3 Tahun 2018 dan Permendagri No 91 Tahun 2019. Disitu semua jelas aturan terkait mekanisme pengusulan Penjabat Sekda, bahkan dalam Permendagri tersebut khusus mengatur mekanisme penunjukan Penjabat Sekda Kab/Kota dari Pejabat Pemprov jika dalam kurun waktu 3 bulan sejak diangkatnya penjabat sekda belum diangkat sekda definitif,” urai Kepala BKD Provinsi Gorontalo, Sukri Suratinojo ke hulondalo.id, Rabu (27/05/2020). (zhk)