Taat Regulasi, Anggota DPRD Bonbol Sepakat Belum Lakukan Perdis

09/09/2019 19:54 0 By Maman

Wakil Ketua DPRD Bone Bolango Azan Piola saat bersama Ketua DPRD Bone Bolango Halid Tangahu dalam salah satu Rapat Paripurna DPRD Bone Bolango

Hulondalo.id- Meski secara de jure Anggota DPRD Kabupaten Bone Balango periode 2019-2024 telah resmi mengemban amanah sebagai wakil rakyat, namun untuk pelaksanaan beberapa tugas, utamannya mengenai aktivitas kunjungan kerja (kunker) keluar maupun dalam daerah belum mereka laksanakan.

Hal ini mengingat adanya larangan yang disampaikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) melalui surat edaran.

Wakil Ketua DPRD Bonbol Azan Piola menegaskan, larangan tersebut secara gamblang mengatur bahwa, pimpinan DPRD sementara tidak bisa mengambil kebijakan yang berimbas terbebaninya anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD). Oleh karena itu jika pimpinan DPRD sementara mengeluarkan surat perintah tugas kepada para anggota, maka otomatis akan berkonsekwensi terhadap pengeluaran anggaran.

“Sehingga, anggoa dprd bonbol sampai hari ini belum melaksanaan perdis baik itu di dalam maupun luar daerah,” kata Azan Piola usai menerima kunjungan kerja Anggota DPRD Boalemo diruang rapat Ketua DPRD Bonbol, Senin (9/9/2019).

Ditambahkannya, yang diperbolehkan pada surat edaran Mendagri ke dua tertanggal 3 September 2019 baru-baru ini, hanyalah pimpinan DPRD sementara untuk melaksanakan perdis guna melakukan konsultasi. Apalagi dimasa transisi kepemimpinan.

Komitmen ini kata Azan Piola disepakati seluruh Aleg DPRD Bonbol, sebagai bentuk kepatuhan terhadap regulasi yang ada.

Sementara itu, ditengah kekhawatiran melanggar regulasi yang dilakukan oleh jajaran DPRD Bonbol, para Aleg DPRD daerah lain justru gencar melakukan perdis ke luar daerah diawal masa jabatan mereka. (John)

loading...