Tablet Tambah Darah Penting untuk Remaja Putri, Dikes Pohuwato Gelar Rakor

09/11/2019 12:15 0 By Yadin

Rakor penguatan pemberian tablet tambah darah pada remaja putri, ibu hamil dan ibu nifas dengan lintas sektor, Jumat (8/11/2019).

Hulondalo.id – Dinas Kesehatan Pohuwato menggelar rapat koordinasi penguatan pemberian tablet tambah darah pada remaja putri, ibu hamil dan ibu nifas dengan lintas sektor, Jumat (8/11/2019).

Assisten Kesra, Hamka Nento yang membuka kegiatan tersebut mengatakan, remaja putri memiliki risiko tinggi untuk anemia dan kekurangan gizi. Kebutuhan zat besi pada remaja putri meningkat karena mengalami pertumbuhan yang pesat pada masa pubertas.

“Anemia pada remaja putri dapat menurunkan daya tahan tubuh, kebugaran, dan prestasi belajar. Selain itu, tidak hanya mempengaruhi kehidupannya dalam jangka pendek, namun berpengaruh pada jangka panjang yaitu kehamilan nantinya,” jelas Hamka.

Remaja putri kata Hamka, merupakan calon ibu yang dapat meningkatkan risiko. Untuk pogram pencegahan dan penanggulangan anemia pada remaja putri, pemerintah daerah telah memasukkan ke dalam Renstra 2015-2019 dengan target pemberian Tablet Tambah Darah (TTD) pada remaja putri sebesar 30 persen.

Kadis Kesehatan Pohuwato melalui Kabid Kesmas, Irwan samawaty menambahkan, kegiatan diikuti 80 orang peserta dari OPD dan lintas sektor lainnya yang terkait dalam penanganan stunting serta 16 orang dari puskesmas se-Kabupaten Pohuwato. (yadin/adv)