Tabongo Lokasi Secaba TNI, Jadikan Kabupaten Gorontalo sebagai Madinatul Ilmi

10/09/2019 17:33 0 By Maman

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo bersama Danrem 133/Nani Wartabone Kolonel CZI. Arnold Ritiauw meninjau lokasi pembangunan Secaba dan Kodim Kabupaten Gorontalo.

Hulondalo.id- Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo, menjadi lokasi pembangunan Sekolah Calon Bintara (Secaba) TNI. Untuk mewujudkannya, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo dan Komandan Korem 133/Nani Wartabone Kolonel CZI. Arnold AP Ritiauw meninjau lokasi tersebut, Selasa (10/9/2019).

Bupati Nelson menjelaskan, Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo terus berkomitmen untuk mewujudkan kabupaten Gorontalo sebagai Madinatul Ilmi. Sebelumnya kata dia, ada SPN Batudaa. Kini giliran Secaba TNI yang akan dibangun secara swadaya antara TNI dan Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo.

“Dengan adanya Secaba ini, maka tujuan pemerintah untuk menjadikan Kabupaten Gorontalo sebagai Madinatul Ilmi akan semakin terwujud,” ungkap Bupati Nelson kepada sejumlah awak media usai meninjau langsung lokasi di Kecamatan Tabongo.

Selain pembangunan Secaba, masih dilokasi yang sama juga, direncanakan akan dibangun Komando Distrik Militer (Kodim) Kabupaten Gorontalo.

Lebih lanjut kata Bupati Nelson, koordinasi akan dilakukan dengan Pangdam XIII/Merdeka Tiopan Aritonang, terkait pembangunan Secaba tersebut.

“Akhir minggu depan, kami akan berbicara dengan Pangdam, karena prinsipnya bulan ini harus ada kepastian karena ada kaitan dengan anggaran 2020,” ujar Nelson Pomalingo.

Sementara itu ditemui dalam kesempatan yang sama, Danrem 133/Nani Wartabone Kolonel CZI. Arnold AP Ritauw, mengapresiasi keinginan Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo dalam mewujudkan Madinatul Ilmi.

“Saya sangat mendukung dalam rangka menciptakan Kabupaten Gorontalo sebagai Madinatul Ilmi,” ungkapnya.

Sebenarnya tambahnya, selain Kabupaten Gorontalo, daerah lain juga ingin menjadi lokasi pembangunan Secaba. Namun jika dilihat dari pertimbangan geografis, termasuk aksesibilitas dan jarak tempuh dari bandara, sehingga dipilihlah Kabupaten Gorontalo.

Sementara itu, sesuai rencana, pembangunan Secaba yang satu lokasi dengan Kodim Kabupaten Gorontalo ini, berada dilahan seluas kurang lebih 150 hektar. Kemungkinan luas lahan bakal bertambah, mengingat diperlukannya juga untuk lahan, untuk sarana latihan. (Ika)

loading...