Tahun Baru Islam Momentum Intropeksi Diri

Tahun Baru Islam Momentum Intropeksi Diri

01/09/2019 09:00 0 By Yadin

Acara memperingati tahun baru islam di Masjid Agung Pohuwato. (f.iwan)

Hulondalo.id – Pemerintah Kabupaten Pohuwato Sabtu (31/8/2019) menggelar doa akhir tahun 1440 Hijriyah di Masjid Agung Baiturrahim.

Doa dilaksanakan sebelum salat Maghrib dan usai salat dilanjutkan doa awal tahun 1441 Hijriyah yang dilanjutkan dengan tausiah dan zikir.

Sekretaris Daerah Pohuwato, Djoni Nento mewakili Bupati Pohuwato mengatakan, berbagai kegiatan yang digelar pemda dan panitia merupakan rangkaian dalam menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriyah.

“Kehadiran kita di sini juga tidak lain mengenang bagaimana perjuangan Rasulullah SAW dalam memperjuangkan agama Islam. Berbagai tantangan dan hambatan yang dilalui Nabi Muhammad menjadikan spirit bagi kita umat islam untuk terus mempertahankan dan menjalankan syariat Islam. Olehnya di momentum ini, mari sama-sama lebih meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT dan menjalankan perintah serta menjauhi apa yang dilarang-Nya,” tutur sekda.

Disisi lain kata Djoni, pergantian tahun baru islam tentu pula sebagai momentum intropeksi bersama sejauh mana ketaqwaan kepada Allah.

“Terutama meningkatkan apa yang diperintahkan oleh Allah SWT dan meningkatkan pula apa yang harus kita kurangi dalam kehidupan ini, artinya dalam hidup dan kehidupan ini kita perlu memilah mana yang baik dan yang tidak baik. Karena semua yang kita lakukan menjadi sebuah tanggung jawab di hadapan Sang Khaliq. Untuk itu sama-sama kita menyambut tahun baru dengan lebih meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT,” ujar sekda.

Sementara itu, tausiah yang dibawakan H. Umar Maliki, banyak menjelaskan tentang perjuangan Rasulullah SAW dalam memperjuangkan islam.
“Intinya, sebagai generasi penerus islam sekiranya tetap mempertahankan agama ini sampai kapanpun dan mewariskan kepada generasi selanjutnya,” harap H. Umar. (Dhin)