Tahun Depan Rekrutmen PPPK Dibuka Buat 1 Juta Guru Honorer, Gajinya Rp 4 Juta!

Tahun Depan Rekrutmen PPPK Dibuka Buat 1 Juta Guru Honorer, Gajinya Rp 4 Juta!

24/11/2020 05:12 0 By Alex

rekrutmen PPPK untuk guru honorer

Pengumuman rekrutmen guru honorer menjadi PPPK oleh Mendikbud Nadiem Makarim melalui saluran youtube Kemendikbud RI, Senin (23/11/2020).

Hulondalo.id – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI Nadiem Makarim mengumumkan akan membuka rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk guru honorer tahun 2021 mendatang.

Pengumuman tersebut pun disiarkan langsung melalui saluran Youtube Kemendikbud RI, Senin (23/11/2020).

Adapun guru honorer yang akan diangkat menjadi pegawai setara Pegawai Negeri Sipil (PNS) itu berjumlah 1 juta orang.

Meski demikian, guru honorer yang diangkat menjadi PPPK tersebut adalah mereka yang dinyatakan lulus seleksi.

“Jadi kalau yang lulus cuma sebagian, itulah yang akan menjadi guru PPPK di tahun 2021,” kata Nadiem.

Rekrutmen PPPK guru honorer tersebut adalah seluruh guru honorer dan lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) baik dari sekolah negeri maupun swasta yang terdaftar dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

“Itu juga termasuk guru eks Tenaga Honorer Kategori 2 (K2) yang belum pernah lulus seleksi menjadi PNS atau PPPK sebelumnya. Dan lulusan PPG yang saat ini tidak mengajar,” ujar Nadiem.

Pun berbeda dengan seleksi rekrutmen sebelumnya, para guru honorer bisa mengulang ikut seleksi PPPK sampai sebanyak 3 kali. Tahun lalu, peserta hanya bisa sekali mengikuti ujian seleksi dalam satu tahun.

Kemudahan lainnya, para guru honorer akan diberikan materi pembelajaran dan berbagai macam pelatihan via online secara mandiri sebelum ujian.

Bicara soal gaji, masih dalam saluran Youtube Kemendikbud RI, Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebut jika para tenaga honorer yang lulus seleksi PPPK akan mendapatkan gaji dan tunjangan yang setara Aparatur Sipil Negara (ASN) sebesar Rp 4 Juta atau dengan rincian Rp 4.060.490,-.(Alex)