Tahun Depan, TPU KKIG Sulut dan Renovasi Gedung HPMIG Manado Dimulai

Tahun Depan, TPU KKIG Sulut dan Renovasi Gedung HPMIG Manado Dimulai

01/11/2019 18:42 0 By Alex

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie didampingi Ketua DPRD Provinsi Gorontalo dan Kadis PUPR saat meninjau lokasi lahan pembangunan TPU untuk KKIG Sulut di Kelurahan Buha, Kecamatan Mapanget, Kota Manado, Jumat (1/11/2019).

Hulondalo.id – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie akhirnya memenuhi janjinya untuk membangun Tempat Pemakaman Umum (TPU) bagi Kerukunan Keluarga Indonesia Gorontalo (KKIG) di Manado, Sulawesi Utara (Sulut).

Rencananya, TPU KKIG Manado itu akan dibangun di Kelurahan Buha, Kecamatan Mapanget, Kota Manado, Sulut pada 2020 mendatang. Gubernur Rusli Habibie dan Ketua DPRD Provinsi Gorontalo pun sudah meninjau lokasi lahan yang direncanakan seluas 1,2 Hektar, Jumat (1/11/2019).

“Alhamdulillah, hari ini saya bisa meninjau lokasi lahan. Rencananya, tahun 2020 kita anggarkan untuk pembangunan fisiknya berupa pagar dan fasilitas pendukung,” kata Gubernur Rusli Habibie.

Dia pun langsung meminta dinas teknis dibantu warga KKIG untuk segera mengurus izin Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup (UKL) dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup (UPL). Terutama, menyangkut persetujuan warga sekitar agar lahan bisa dimanfaatkan sebagai pemakaman.

“Makanya saya datang untuk mengecek dan juga untuk memastikan dalam waktu dekat akan ada semacam FGD antar Pemprov Gorontalo, Pemkot Manado dan warga sekitar untuk UKL-UPL,” tambah Gubernur Rusli Habibie.

Jika bangunan fisiknya sudah selesai, maka pengelolaan TPU akan diserahkan ke KKIG Sulut. Saat ini, Dinas PUPR Provinsi Gorontalo pun sedang menyelesaikan feasibilty study (FS) untuk pembangunannya.

Selain meninjau lahan TPU, Gubernur Rusli Habibie juga berkunjung ke Asrama Beringin, tempat anak-anak Himpunan Pelajar Mahasiswa Indonesia Gorontalo (HPMIG) Manado tinggal. Asrama 3 lantai itu rencananya akan direnovasi tahun 2020 dengan taksiran biaya Rp 1,2 Miliar.(adv/alex)