Tak Ada Izin, Polisi Bubarkan Aksi Free West Papua di Gorontalo

Tak Ada Izin, Polisi Bubarkan Aksi Free West Papua di Gorontalo

01/12/2020 17:46 0 By Alex

Free West Papua di Gorontalo

Aksi unjuk rasa aliansi mahasiswa Papua dalam Free West Papua di depan gerbang kampus UNG, Selasa (1/12/2020).

Hulondalo.id – Polres Gorontalo Kota membubarkan aksi aliansi mahasiswa Papua yang digelar di gerbang kampus Universitas Negeri Gorontalo (UNG), Selasa (1/12/2020).

Sejatinya, aksi ini digelar oleh aliansi mahasiswa Papua di Gorontalo untuk memperingati lahirnya Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang jatuh pada 1 Desember.

“Aksi ini terpaksa dibubarkan karena tidak memiliki izin,” kata Kapolres Gorontalo Kota, AKBP Desmont Harjendro AP SIK, saat dikonfirmasi wartawan.

Dikatakan Kapolres pula, bahwa di masa pandemi ini pihaknya harus benar-benar mencegah kerumunan dan hal-hal lainnya yang berpotensi bertambahnya virus corona.

Pembubaran aksi oleh pihak kepolisian pun awalnya telah dilakukan secara persuasif, namun sayang tidak diindahkan oleh mahasiswa Papua tersebut. Olehnya, polisi pun melakukan upaya paksa untuk membubarkan aksi.

“Tadi memang nyaris terjadi gesekan dengan massa aksi, namun semuanya bisa dikendalikan,” tandas mantan Kapolres Bone Bolango itu.

Free West Papua di Gorontalo

Anggota polisi saat mencoba membubarkan aksi mahasiswa Papua secara persuasif di gerbang kampus UNG.

Sebelumnya, aliansi mahasiswa Papua menggelar aksi Free West Papua (Fri-WP) dalam rangka memperingati HUT OPM ini menyampaikan beberapa tuntutannya, di antaranya memprotes pemerintah yang dianggap selalu mendeskripsikan masyarakat Papua dan mengeroyok kekayaan di tanah Papua.(Mg01)