Tak Bayar Siltap Hari Ini, 196 Kades di Halmahera Utara Ancam Duduki Kantor BPKAD

Tak Bayar Siltap Hari Ini, 196 Kades di Halmahera Utara Ancam Duduki Kantor BPKAD

03/03/2021 13:49 0 By Maman

Kades Halut Tuntut Siltap

Kepala Desa di Halmahera Utara saat mendatangi kantor BPKAD Halmahera Utara. (foto:istimewa)

Hulondalo.id – 196 kepala desa di Halmahera Utara melakukan demo, dengan mendatangi kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Halmahera Utara, Rabu (03/03/2021). Mereka menuntut pembayaran Penghasilan Tetap (Siltap) bulan Oktober, November dan Desember tahun 2020.

“Kali ini tidak bisa di tolerir, kami minta hari ini juga pemerintah segera melunasi hak-hak kami, jika tidak kami akan menduduki kantor ini”, ucap Ketua Apdesi Halut, Tommy Moses.

Ditempat yang sama, Bendahara BPKAD Halut Alfons Ungu mengatakan, surat pencairan dana sudah diajukan. Namun kata dia, terganjal dengan beberapa kades yang belum melengkapi administrasi.

“Sehingga, pencairannya agak molor dari janji sebelumnya akan dilunasi di awal Maret ini,” ungkapnya.

Menanggapi pernyataan tersebut, Tommy mengatakan, alasan yang menyebut adanya 11 kades yang belum melengkapi administrasi, bukan berarti menghambat pembayara Siltap untuk kades yang telah lengkap administrasinya.

“Silahkan dikomunikasikan dengan 11 kades, bukan berarti, menghambat pencairan hak kades yang sudah lengkap administarsi, karenanya, kami minta badan keuangan agar hari ini juga hak-hak kami dibayar,” tegas Tommy.

Sementara itu, Kepala Seksi Pengeluaran BPKAD Halut, Okmal Jaya juga mengatakan, saat ini proses pencairan dana di bank daerah sementara dilakukan, untuk pembayaran siltap 2 bulan, Oktober dan November 2020. (AT)