Tak Hanya Dapat Diskon Pajak, Kredit Mobil Baru juga Bebas Uang Muka

Tak Hanya Dapat Diskon Pajak, Kredit Mobil Baru juga Bebas Uang Muka

15/02/2021 05:10 0 By Alex

Diskon Pajak Mobil PPnBM

Foto ilustrasi liputan6.com

Hulondalo.id – Pemerintah akan memberikan relaksasi untuk pajak mobil baru melalui PPnBM atau Pajak Penjualan atas Barang Mewah, mulai bulan Maret 2021 mendatang.

Rupanya tak hanya diskon pajak mobil baru saja. Pemerintah juga akan memberikan insentif Down Payment (DP) alias uang muka hingga 0%. Selain itu ada juga penurunan Aktiva Tertimbang Menurut Resiko (ATMR) Kredit.

“Pemberian diskon pajak kendaraan bermotor ini didukung kebijakan Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan untuk mendorong kredit pembelian kendaraan bermotor, yaitu melalui pengaturan mengenai DP 0% dan penurunan ATMR Kredit,” ujar Plh Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi, Kementerian Keuangan, Rahmat Widiana, seperti diwartakan Jawapos.com, Senin (15/2/2021).

Sebelumnya, pemerintah telah memberikan diskon pajak mobil baru PPnBM secara bertahap selama 2021. Skenarionya, 0% untuk periode Maret-Mei, 50% periode Juni-Agustus, dan 25% untuk periode September-Desember.

Diskon pajak ini akan berlaku untuk mobil di bawah 1.500 cc termasuk kategori sedan dan 4×2 dengan kandungan lokal 70%.

Adapun beberapa jenis mobil di Indonesia yang masuk kategori relaksasi. Misalnya untuk jenis low MPV di antaranya Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, Honda Mobilio dan Mitsubishi Xpander yang memiliki kandungan lokal 70%.(Alex)