Tak Hanya Menertibkan PKL, Ini Tupoksi Lain Satpol PP

Tak Hanya Menertibkan PKL, Ini Tupoksi Lain Satpol PP

29/10/2020 19:53 0 By Maman

Tugas melekat Satpol-PP Kabupaten Blitar dalam pengawalan dan pengamanan tugas sehari-hari Bupati dan Wakil Bupati dan pengamanan objek vital pemerintah. (foto:istimewa)

Hulondalo.id – Selama ini, masyarakat hanya tahu bahwa, Anggota Satpol PP hanya menertibkan Pedagang Kaki Lima (PKL). Mereka yang tergabung dalam satuan ini, juga mengemban amanah sebagai, pasukan pengawal dan pengamanan langsung kepala daerah.

Amanah ini, juga diemban oleh anggota Satpol PP Kabupaten Blitar. Dalam setiap kegiatan yang dilakukan Pjs Bupati, para anggota Satpol PP tak jauh berbeda dengan pasukan yang melekat disamping Presiden RI. Untuk maksimalnya tugas tersebut, Satpol PP terus bersinergi dengan Prokopim dilingkungan Pemkab Blitar.

Kasatpol PP Kabupaten Blitar, Rustin Tri Setyobudi mengatakan, masyarakat belum tahu bahwa tugas dan fungsi Satpol PP, banyak sekali. Masyarakat tahunya, Satpol PP itu cuma menertibkan PKL yang menyalahi aturan. Bahkan banyak yang menganggap bahwa, SatPol PP itu tidak penting, pegawai buangan dari berbagai dinas. Ini yang perlu diluruskan.

“Satpol PP fungsinya sebagai pengamanan dan pengawalan Bupati dan Wakil Bupati dalam kegiatan kedinasannya, banyak hal yang harus dipersiapkan mulai dari kesiapan personil, kendaraan dan berkoordinasi dengan pihak lain,” kata Rustin diruang kerjanya, Kamis (29/10/2020).

Semua itu, dilakukan setiap hari untuk melancarkan kegiatan yang dilaksanakan Pjs Bupati dan Wakil Bupati Blitar. Demi kelancaran tugas-tugas kepala daerah, Satpol PP juga melakukan perencanaan kebijakan operasional, penegakan Perda, penanganan dan memelihara ketertiban umum serta ketenteraman masyarakat, juga memfasilitasi dan memberdayakan seluruh pegawai dilingkup Pemkab Blitar.

Kasi Pengawalan Satpol-PP Kabupaten Blitar, Agung juga menerangkan, seksi pengamanan dan pengawalan memilki tugas pokok pembinaan pengamanan dan pengawalan untuk meningkatkan kemampuan aparat Polisi Pamong Praja.

Lebih rinci kata dia, tugas tersebut antara lain, menyusun rencana kerja seksi pengamanan dan pengawalan, menyusun konsep kebijakan penetapan norma, standar dan pedoman pengamanan dan pengawalan.

Pelatihan bagi aparat Satpol PP juga penting dilakukan, dalam meningkatkan kemampuan dan keterampilan, pembinaan fisik, mental dan spiritual agar lebih disiplin, jiwa korsa dan semangat juang dalam melaksanakan tugas.

Selain pengamanan dan pengawalan kepala daerah, Satppol PP kata Agung, juga memiliki tugas menjaga keamanan tempat strategis dan aset pemerintah daerah. Semua itu bersinergi dengan aparat kemanan dan ketertiban seperti TNI-Polri agar ketertiban, keamanan dan kelancaran tugas pejabat Pemerintah Kabupaten Blitar serta tamu VIP/VIIP terjaga dengan baik.

“Harapan kami bahwa, selain kelancaran tugas dan kegiatan Pjs Bupati dan Wakil Bupati menjadi prioritas dan tanggung jawab satuan, juga agar masyarakat tahu tugas dan fungsi keseharian anggota Satpol-PP,” tutupnya. (Anang/Kmf/Adv)