Tak Hanya Penertiban APK, Bawaslu Pastikan Logistik Pemilu Terdistribusi

Tak Hanya Penertiban APK, Bawaslu Pastikan Logistik Pemilu Terdistribusi

15/04/2019 13:42 0 By Maman

Jaharudin Umar
Ketua Bawaslu Provinsi Gorontalo

Hulondalo.id – Tak hanya memastikan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) berjalan lancar, Bawaslu Provinsi Gorontalo juga ingin memastikan, logistik pemilu sudah terdistribusi sesuai dengan kebutuhan masing – masing Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Ketua Bawaslu Provinsi Gorontalo Jaharudin Umar mengatakan, Senin (15/4/2019) pihaknya kembali melakukan koordinasi dengan seluruh pengawas pemilu, baik itu Bawaslu Kabupaten dan Kota maupun Panwas Kecamatan, terkait penertiban APK.

“Laporan yang kami terima baik itu Bawaslu Kabupaten dan Kota serta Panwascam, sebagian besar sudah 100 persen,” kata Jaharudin. Penertiban APK ini sebagaimana amanat dari aturan yang berlaku. Jaharudin berharap, penertiban seluruh APK akan selesai pada hari Senin (15/4/2019).

Kepastian berikutnya kata Jaharudin, pendistribusian logistik pemilu benar – benar berjalan lancar hingga ke setiap TPS di Provinsi Gorontalo. Memastikan distribusi logistik ini juga kata Jaharudin, dengan memantau Panwascam.

“Kami memantau juga, apakah panwascam berada di PPK untuk memastikan logistik terdistribusi sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan dimasing – masing TPS,” ungkap Jaharudin.

Hari ketiga masa tenang kata Jaharudin, Bawaslu Provinsi Gorontalo akan memantau proses pembangunan TPS. “Kami juga akan memastikan pembangunan TPS, apakah berjalan dengan baik,” ujar Jaharudin.

Memastikan dan pemantauan tersebut, dengan tidak mengabaikan tugas – tugas penting lainnya, utamanya tindak lanjut atas berbagai temuan maupun laporan yang masuk ke Bawaslu Provinsi Gorontalo.

Jaharudin berharap, dimasa tenang ini, baik itu masyarakat maupun pengurus parpol, untuk bisa menahan diri hingga pada pelaksanaan pemungutan suara. Jaharudin juga mengatakan, pada 17 April 2019, masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya di TPS.

“Kami berharap, teman – teman parpol, bisa bersabar dan tidak melakukan hal – hal yang berkaitan dengan pelanggaran pemilu,” kata Jaharudin.

Usaha dan kerja keras selama beberapa bulan kemarin kata Jaharudin, akan sia – sia begitu saja ketika dimasa tenang melakukan hal lain yang melanggar. (usman)