Tak Lagi Terisolir, Jaringan Listrik Masuk Papualangi-Cempaka Putih

Tak Lagi Terisolir, Jaringan Listrik Masuk Papualangi-Cempaka Putih

04/04/2019 21:29 0 By Alex

tolinggula

Gubernur Rusli Habibie bersama rombongan Pemerintah Provinsi Gorontalo saat melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Tolinggula, khususnya di Desa Papualangi dan Desa Cempaka Putih, Kamis (4/4/2019).

Hulondalo.id – Tak hanya berpusat di ibukota, Pemerintah Provinsi Gorontalo di bawah kepemimpinan Gubernur Rusli Habibie dan Wakil Gubernur Idris Rahim menaruh perhatian besar terhadap pembangunan di wilayah-wilayah terpencil, seperti di Kecamatan Tolinggula, Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut).

Ya, berkat perhatian pemerintah, satu per satu wilayah-wilayah yang dulunya terisolir keluar dari status 3T alias Terluar, Tertinggal dan Terdepan. Sebut saja Desa Papualangi dan Desa Cempaka Putih di Kecamatan Tolinggula, Gorut ini.

“Infrastruktur jalan dan jembatan kini sudah berdiri kokoh dan mulus. Listrik sudah bisa dijangkau. Alhamdulillah, Desa Cempaka Putih dan Desa Papualangi sejak Tahun 2017 sudah keluar dari status 3T,” ungkap Gubernur Rusli Habibie saat kunjungan kerja ke Kecamatan Tolinggula, Kamis (4/4/2019).

Diceritakan Gubernur Rusli Habibie, bahwa warga Desa Papualangi, Desa Cempaka putih dan beberapa desa di sekitarnya puluhan tahun merasa terisolir. Olehnya, sejak diberikan amanah oleh rakyat untuk memimpin Gorontalo, Gubernur Rusli Habibie memprioritaskan pembangunan di wilayah-wilayah terluar.

“Desa Papualangi dan Desa Cempaka Putih sudah seharusnya mendapatkan perhatian. Karena saya tahu betul, di sini banyak komoditas unggulan seperti durian, cengkeh, kakao dan lada. Makanya, infrastruktur seperti jalan dan jembatan harus ada di wilayah ini,” kata Gubernur Rusli Habibie.

Terpisah, Kepala Dinas PNM, ESDM dan Transmigrasi Provinsi Gorontalo, Husin Hasni menjelaskan, khusus Desa Papualangi dan Desa Cempaka Putih saat ini sudah memiliki jaringan listrik dan tinggal memaksimalkan pemasangan ke rumah-rumah warga.

“Sejak November 2018, sudah ada jaringan listrik. Tapi sebagian masyarakat belum mampu memasang listrik. Contohnya di Desa Papualangi ini, dari 170 KK, yang belum mampu memasang listrik ada 112 KK,” timpal Husin.

Olehnya, untuk memaksimalkan pemasangan ke rumah-rumah warga, Pemerintah Provinsi Gorontalo bekerja sama dengan PLN akan menyiapkan sambungan gratis listrik bagi 6.000 KK miskin se-Provinsi Gorontalo, dimana Desa Papualangi dan Cempaka Putih masuk dalam prioritas.(usman)