Tak Masuk Dalam RDTR, Permintaan Lokasi Tambang Galian C di Desa Mootinelo Ditolak

Tak Masuk Dalam RDTR, Permintaan Lokasi Tambang Galian C di Desa Mootinelo Ditolak

22/09/2020 23:17 0 By Maman

Wabup Gorontalo Utara, Thariq Modanggu meninjau lokasi terkait permintaan salah satu perusahaan menjadikannya sebagai lokasi tambang galian C. (foto:istimewa)

Hulondalo.id – Permintaan salah satu perusahaan untuk menjadikan salah satu lokasi di Desa Mootinelo Kecamatan Kwandang, Gorontalo Utara sebagai tambang galian C ditolak. Penolakan ini tidak hanya dari masyarakat, juga dari Pemkab Gorontalo Utara dengan berbagai alasan.

“Kita tidak setuju dengan adanya pertambangan di Kwandang,” kata Wabup Gorontalo Utara, Thariq Modanggu, saat meninjau lokasi yang diminta oleh perusahaan tersebut, Selasa (22/9/2020).

Ada beberapa alasan yang sangat mendukung penolakan lokasi tersebut sebagai lokasi tambang galian C. Dalam dokumen RDTR dan PKSN kata Wabup, tidak memuat konsep tentang pertambangan di Kecamatan Kwandang.

Masyarakat juga kata dia, sudah menggelar pertemuan di Kantor Desa Mootinelo, untuk menolak pertambangan tersebut. Dan alasan berikut, dibawah dari daerah perbukitan lokasi tersebut, sudah ada pembebasan lahan untuk rencana pembangunan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas).

Karenanya kata Wabup, kondisi rill dilapangan ditinjau langsung olehnya yang didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Ilyas Lagarusu bersama Kepala Desa Mootinelo dan aparat. (Prin/Adv)