Tak Paham Alur Birokrasi, Oknum Wartawan Malah Beropini ‘Sesat’

Tak Paham Alur Birokrasi, Oknum Wartawan Malah Beropini ‘Sesat’

14/12/2019 19:20 1 By Syakir

Karo Humas dan Protokol Pemprov Gorontalo Masran Rauf

Hulondalo.id – Ketidak pahaman terhadap alur hingga tupoksi birokrasi, sering membuat orang salah kaprah. Ironisnya dengan ketidak mampuan itu mereka berani mengambil kesimpulan, meski itu salah.

Mungkin itu gambaran tepat, terhadap pemberitaan salah satu media yang mempertanyakan kemampuan Humas Pemprov Gorontalo hanya gara gara diminta menemui humas dan protokol, agar bisa diatur untuk ketemu dengan Sekdaprov.

Ceritanya, belum lama ini ada wartawan salah satu media online ingin bertemu dengan Sekdaprov. Hanya saja, saat itu oleh Asisten pribadi (Aspri) dijawab kalau Sekda sedang sibuk. Tapi kemudian Aspri memberikan solusi dengan menyarankan orang yang mengaku wartawan itu agar menghubungi humas dan protokol, agar bisa didampingi saat ketemu sekda.

Lucunya itu dipahami berbeda. Bahkan, lewat media mereka menulis berita yang judulnya seakan akan Sekdaprov menggeser urusan sekda ke humas. Parahnya lagi, sempat membuat opini yang meragukan kapasitas humas.

“ini menandakan wartawan tersebut tidak paham mekanisme aturan birokrasi. Disini saya luruskan bahwa, bukan Biro Humas yang menjawab apa yang menjadi keinginan Wartawan dalam hal klarifikasi atau butuh penjelasan, tetapi nanti Biro Humas yang akan memfasilitasi untuk menemui pak Sekda,” Tegas Kepala Biro Humas Provinsi Masran Rauf.

Ia menambahkan juga, sesuai tugas dan fungsi dari Biro Humas dan Protokol salah satunya yakni memfasilitasi dan mengatur bila masyarakat ataupun media yang ingin bertemu langsung dengan pimpinan daerah, ataupun sebaliknya.

Sementara itu Septian, Asisten Pribadi Sekda Provinsi Gorontalo mengakui, benar ada Wartawan salah satu media online di Gorontalo yang datang ingin mewawancarai Sekda belum lama ini

“Saat itu saya jelaskan bahwa, pak sekda masih sibuk dan menyelesaikan beberapa surat yang harus di tanda tangani, kalau ingin wawancara silahkan temui dulu Biro Humas Protokol, nanti mereka yang akan dampingi,” Tegas Septian.

Diakuinya juga, memang dalam kesempatan yang sama, sekda juga sedang menemui sejumlah wartawan. Tapi pertemuan itu, sudah diatur sebelumnya lewat biro humas dan protokol. (man)