Tak Sampaikan Laporan, Pengelolaan Pulau Saronde oleh Investor Dibatalkan

Tak Sampaikan Laporan, Pengelolaan Pulau Saronde oleh Investor Dibatalkan

01/03/2021 21:55 0 By Maman

Rapat Pulau Saronde

Wabup Gorontalo Utara, Thariq Modanggu memimpin rapat. (foto:prin)

Hulondalo.id – Pengelolaan Pulau Saronde oleh investor PT GAB, akan dibatalkan. Pembatalan ini berdasarkan kajian yang dilakukan Pemkab Gorontalo Utara. Tim investigasi akan diturunkan untuk melakukan audit.

Usai memimpin rapat, Selasa (1/3/2021) Wabup Gorontalo Utara, Thariq Modanggu mengatakan, rapat ini proses menuju kepada keputusan Kepala Daerah sebagai pihak pertama yang melakukan penandatanganan MoU dengan investor.

Hasil kajian melahirkan satu keputusan, rekomendasi kepada Bupati Gorontalo Utara untuk membatalkan MoU tersebut. Mengapa bukan pemutusan kerja sama, sebab kata Wabup, MoU tersebut tidak ada perjanjian kerjasama.

“Alasan kenapa melakukan pembatalan, pertama, MoU ini tidak dilengkapi dengan perjanjian kerjasama,” ujar Wabup.

Pemerintah daerah kata dia, dua kali memberi peringatan kepada, untuk menyerahkan dokumen tentang pengelolaan Pulau Saronde, namun tidak dilakukan.

“Dokumen dimaksud seperti, laporan keuangan secara utuh, dan pendapatan, selanjutnya perhitungan presentasi sesuai dengan tanggung jawab yang ada, tidak dilakukan investor,” ungkap Wabup.

Inspektorat Daerah (ITDA) juga sudah diminta untuk melakukan audit internal terhadap investor tersebut. Termasuk pembangunan investasi senilai Rp 5 miliar. Bagian Hukum juga sudah diminta untuk melakukan kajian hukum tentang pembatalan MoU tersebut.

Sejak tahun 2013 pengelolaan pulau oleh investor kata Wabup, pendapatan yang diperoleh baru sekitar Rp 130 juta. Jika dibandingkan dengan Pulau Minanga, selama 4 bulan saja sudah Rp. 50 juta.

“Kami minta pengelola menyampaikan berapa pendapatan yang sebenarnya dari pengelolaan pulau ini, sehingga akan terpenuhi hak atau kewajiban dalam MoU bahwa pemda mendapatkan pembagian sekian persen,” ujarnya. (Prin/Adv)