Tak Terapkan PSBB, Rony: Tren Covid-19 di Kabupaten Gorontalo Menurun

Tak Terapkan PSBB, Rony: Tren Covid-19 di Kabupaten Gorontalo Menurun

01/10/2020 19:47 0 By Alex

PSBB

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo, Rony Sampir.

Hulondalo.id – Wacana pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) khusus di Kota Gorontalo rupanya belum akan diikuti daerah tetangga.

Kabupaten Gorontalo, misalnya. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo, Rony Sampir mengatakan pihaknya belum akan menerapkan PSBB mengingat tren kasus positif Covid-19 di daerah itu semakin menurun, terutama melihat perkembangan selama 3 pekan belakangan ini.

“Sebagaimana instruksi Pjs Bupati Gorontalo, kami akan lebih memperketat protokol kesehatan, melibatkan lintas sektor dalam mengurangi kerumunan,” tegas Rony, Kamis (1/10/2020).

Selain itu, pemberian izin keramaian juga akan diperketat. Kata Rony, untuk mendapatkan izin keramaian harus ada surat dari Satgas Covid-19 dan rekomendasi dari pihak Kesbangpol.

“Jika ada kegiatan yang tak mematuhi protokol kesehatan, maka kegiatan itu akan dibubarkan,” tegas dia.

Bicara soal sanksi, pihaknya pun masih akan menunggu pengesahan Peraturan Daerah (Perda) tentang penegakan protokol kesehatan. Menurut rencana, Perda yang tengah dikebut itu akan segera diterbitkan paling lambat pekan depan.

“Banyak pelanggaran yang dilakukan masyarakat dikarenakan sanksi yang diterapkan belum maksimal. Olehnya, dengan adanya Perda nanti, yang melanggar protokol kesehatan akan ditindak tegas,” tandas dia.

Sementara itu, Satgas Covid-19 yang juga Kepala BPBD Kabupaten Gorontalo, Sumanti Maku mengatakan, saat ini daerah masih merupakan zona kuning Covid-19 sehingga tidak memberlakukan PSBB.

Salah satu indikatornya, lanjut Sumanti, karena Pemkab Gorontalo telah mengeluarkan beberapa kebijakan dalam menekan penyebaran Covid-19.

“Untuk menekan penyebaran Covid-19 tak hanya sekedar cuci tangan, jaga jarak dan pakai masker, tetapi juga harus mematuhi himbauan pemerintah sehingga penyebaran Covid-19 dapat ditekan,” katanya.(adv/Opin)