Take Home Exam, Model Ujian Mahasiswa UT di Masa Pandemi

Take Home Exam, Model Ujian Mahasiswa UT di Masa Pandemi

02/12/2020 12:56 0 By Syakir

Universitas Terbuka Hari Pahlawan

Direktur Universitas Terbuka Gorontalo M Husni Arifin PhD.

Hulondalo.id – Belum meredanya pandemi Covid-19 mendorong Universitas Terbuka untuk merubah bentuk Ujian Akhir Semester (UAS) menjadi Take Home Exam (THE).

Menurut Direktur UT Gorontalo, M. Husni Arifin, Ph.D., kebijakan ini diambil pimpinan UT, berdasar 3 prinsip. Yakni, tetap menjaga wibawa dan kualitas akademik, mencegah penyebaran Covid-19, serta tidak merugikan mahasiswa.

UAS sendiri kata Husni, merupakan komponen evaluasi hasil belajar yang harus tetap dilaksanakan, untuk menjaga kualitas sesuai standar kompetensi yang telah ditetapkan.

Sebagai PTN dengan inovasi terdepan dalam sistem pembelajaran jarak jauh, UT berupaya tidak mengurangi standar mutu lulusan dan tetap melaksanakan UAS yang disesuaikan dengan kondisi pandemi COVID-19.

“Meski dengan modus yang berbeda mahasiswa diharapkan bersiap diri menghadapinya. UAS dengan modus THE ini bisa dikerjakan dimana saja sehingga tidak menyulitkan mahasiswa”, ujar M. Husni.

UAS Program Diploma, Sarjana dan Magisterdilaksanakan mulai 5 – 17 Desember 2020, sedangkan Program Doktor dilaksanakan dengan waktu lebih panjang lagi. Seluruh proses ujian ini dilakukan secara daring atau online melalui laman https://the.ut.ac.id

Bagi mahasiswa yang membutuhkan penjelasan dan informasi lebih jelas bisa menghubungi Pelayanan Mahasiswa di 0821 8900 4878 atau kunjungi website gorontalo.ut.ac.id (adv)