Taman Obat Keluarga, Peluang UKM Obat Herbal

Taman Obat Keluarga, Peluang UKM Obat Herbal

01/12/2019 07:36 0 By Maman

Ketua TP PKK Gorontalo Utara Reni Hiola Yasin menyampaikan sambutan dalam acara Sosialisasi Taman Obat Keluarga di Puskesmas Anggrek. (hms)

Hulondalo.id- Sebidang tanah kosong entah itu halaman rumah, kebun atau ladang, bisa dimanfaatkan untuk menanam tanaman berkhasiat, memenuhi kebutuhan keluarga akan obat-obatan.

Ketua TP-PKK Gorontalo Utara Reni Yasin Hiola mengatakan, sebidang tanah tersebut, akan lebih baik ditanami berbagai jenis tumbuhan yang dapat dimanfaatkan oleh keluarga maupun masyarakat sebagai obat-obatan. Salah satunya kata dia, tanaman kunyit.

Dia mendorong setiap rumah di Gorontalo Utara, bisa secara bersama-sama merealisasikannya, berupa Taman Obat Keluarga (Toga).

“Ini menjadi alternatif terdekat dalam menyembuhkan berbagai penyakit, jika diseriusi, budidaya taman obat juga mampu memacu usaha kecil dan menengah, khususnya di bidang obat-obatan herbal,” kata Reni.

Saat menggelar Sosialisasi Taman Obat Keluarga (TOGA), Kamis (28/11/2019) Reni juga mengatakan, setiap keluarga dapat membudidayakan tanaman obat secara mandiri dan memanfaatkannya.

“Baik itu invidual atau berkelompok, sehingga akan terwujud prinsip kemandirian dalam pengobatan keluarga,” ungkap Reni dalam kegiatan yang dirangkaikan dengan Launching Program Gerakan Masyarakat Aktif dan Sehat (Ramah Aksi) Tingkat Puskesmas Anggrek.

Olehnya, dalam kegiatan yang digelar di Desa Helumo Anggrek ini, Reni berharap program tersebut dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya khususnya para ibu-ibu guna menambah penghasilan keluarga nantinya. (Saprin/Adv)