Tambatan Perahu Disegel Oknum Kontraktor di Gorontalo Utara

Tambatan Perahu Disegel Oknum Kontraktor di Gorontalo Utara

01/07/2021 12:28 0 By Syakir

Hulondalo.id – Tak sabar menunggu pembayaran sisa pekerjaan, oknum kontraktor menyegel bangunan tambatan perahu yang dikerjakannya di Desa Dudepo, Kecamatan Anggrek, Kabupaten Gorontalo Utara.

“laporan dari masyarakat, nelayan setempat saat ini dilarang oleh pihak kontraktor untuk menggunakan tambatan perahu itu, karena diduga kuat kontraktor sampai saat ini belum menerima sisa biaya pembangunan dari dinas perhubungan,” ungkap Anggota DPRD Gorontalo Utara, Lukum Diko, Selasa (29/6/2021)

Nah, kondisi ini jangan dibiarkan berlarut larut, Pemerintah harus segera turun tangan mencarikan solusi. Karena akibat penyegelan ini, tak hanya si kontraktor yang rugi, tapi juga masyarakat umum.

“Kasihan masyarakat yang ada di sana, mau lewat mana mereka untuk akses keluar masuk ke desa mereka kalau tambatan perahu yang mereka biasa lalui hari ini disegel oleh kontraktor,” tutur Lukum

Penyegelan tersebut ditandai dengan spanduk yang terpasang dengan tulisan “Tambatan Perahu Ini di Tutup Sementara, Hingga Sisa Biaya Pembangunan Dilunasi Oleh Pemkab Gorontalo Utara, Mohon Maaf Atas Ketidak Nyamanan Ini, CV. Sinar Saronde Lestari,”

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan, Nasution Djou, saat dihubungi mengatakan belum dilunasinya sisa biaya pembangunan tambatan perahu itu dikarenakan, ada instruksi bahwa untuk merealisasikan sisa anggaran tersebut, harus menunggu terlebih dulu, diterbitkannya ijin lingkungan.

“Cantolan anggarannya itu ada, dalam DIPA Dinas Perhubungan, hanya menunggu waktu saja, apakah satu atau dua minggu atau satu bulan, ijinnya sudah diusulkan, sudah diproses tinggal menunggu terbit,” ujar Nasution

Nasution, juga memastikan uang dari rekanan tersebut aman di DIPA Dinas Perhubungan.

“Saya tidak berani mengambil langkah tegas untuk staf saya, karena mereka secara teknis lebih menguasai, sehingga setelah ijin itu terbit kita segera proses,” tuturnya

Nasution, menambahkan ijin lingkungan tersebut sudah diajukan dengan beberapa rekomendasi persyaratan yang sudah dipenuhi oleh Dinas Pergubungan. (Prin/Adv)