Tanam 2500 Manggrove, Wujud TNI Peduli Lingkungan

08/10/2019 01:50 0 By Maman

Penanaman Pohon Manggrve dilakukan dalam rangka memeriahkan HUT TNI 74 di Niug Tubele Beach (NTB) Desa Kalangkangan.

Kliksulteng.id- 2500 pohon manggrove ditanam oleh Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tolitoli. Kegiatan ini, dalam rangka merayakan HUT TNI ke 74 tahun 2019.

Pohon manggrove tersebut, ditanaman di Niug Tubele Beach (NTB) Desa Kalangkangan Galang Tolitoli, Senin (7/10/2019). Asisten Sekertaris Daerah Bidang Ekonomi, Pembangunan, dan Kesra Moh. Nur Munawar hadir saat itu, mewakili Bupati Tolitoli Hi. Moh. Saleh Bantilan.

Apresiasi disampaikan Moh. Nur Munawar kepada Danlanal Tolitoli Letkol Laut (P) Bayu Dwi Wicaksono, terhadap kegiatan yang dianggap penting dan strategis. Dia juga mengatakan, kegiatan ini menjadikan setiap bentang lahan menjadi hijau, cukup vegetasi baik di dalam mupun di luar kawasan hutan, yang mampu memberikan perlindungan estetika.

Penanaman pohon mangrove yang dilakukan itu, juga wujud kepedulian dan kesadaran bersama seluruh jajaran TNI Angkatan Laut terhadap lingkungan, pepohonan mangrove yang tumbuh menjadi kawasan hutan mangrove.

“Dan dapat mencegah terjadinya intrusi perembesan air laut kedaratan, yang tentunya akan menyebabkan tanah menjadi payau sehingga tidak layak untuk di komsumsi,” kata Moh. Nur Munawar.

Sementara itu, Komandan Lanal (Danlanal) Tolitoli Letkol Laut (P) Bayu Dwi Wicaksono juga menjelaskan bahwa, penanaman mangrove dipesisir pantai, dapat mencegah kerusakan ekosistem pantai seperti abrasi, desimentasi termasuk meredam hantaman ombak dan badai.

“Mangrove juga mampu berfungsi sebagai filter polusi air dan udara, karena dapat tumbuh pada kondisi tanah berlumpur dan bisa menyerap polutan atau asap dari udara,” ungkapnya.

Penanaman pohon manggrove ini juga, bukan hal yang baru. Namun Bayu berharap, agar kegiatan ini menjadi suatu momentum strategi, yang dilaksanakan oleh seluruh komponen bangsa dari tingkat pusat sampai pelosok tanah air. (andis/adv)

loading...