Tanamkan Cinta NKRI, PDIP Tulungagung Adakan Upacara di Bukit Cemenung

Tanamkan Cinta NKRI, PDIP Tulungagung Adakan Upacara di Bukit Cemenung

17/08/2020 22:09 0 By Maman

Suasana upacara bendera memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke 75, yang dilakukan DPC PDI Perjuangan Tulungagung. (foto:istimewa)

Hulondalo.id (Tulungagung) – Dirgahayu Republik Indonesia ke 75, diwarnai dengan berbagai kegiatan oleh setiap masyarakat Indonesia. Termasuk oleh, DPC Partai PDIP Tulungagung. Konsep sederhana dilakukan partai berlambang banteng moncong putih ini, dengan menggelar upacara bendera di Bukit Cemenung, Desa Sukorejo Wetan, Kecamatan Rejotangan.

Sekretaris DPC PDIP Tulungagung, Sodik Purnomo mengatakan, sebagai partai nasionalis, peringatan hari kemerdekaan merupakan bagian penting dari sejarah.

“Seperti yang dikatakan Bung Karno, Jasmerah, Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah, peringatan hari kemerdekaan adalah tindakan konkret dari menjaga sejarah,” kata Sodik, usai upacara, Senin (17/08/2020).

Upacara ini juga kata dia, untuk memupuk serta menanamkan kepada seluruh kekuatan partai, baik struktural dan simpatisan, agar selalu mencintai kemerdekaan sebagai tonggak sejarah NKRI. Upacara ini juga dilakukan dengan sederhana. Bahkan, podium yang digunakan memakai kayu bekas.

Meski begitu, tidak mengurangi makna dari peringatan kemerdekaan dan rasa kidhmat dari semua peserta yang mengikuti acara itu. Peserta yang ikut dalam upacara ini juga sama dengan usia kemerdekaan bangsa ini, 75 orang.

“Upacara ini juga menguatkan konsolidasi internal, agar terus berjuang dalam menjaga NKRI sekaligus menolak segala bentuk upaya yang mengganti Pancasila dengan ideologi lain.” tegasnya.

Tak lupa, Sodik juga menyosialisasikan gerakan tidak menggunakan plastik. Wujud cinta tanah air kata dia, salah satunya adalah mengurangi sampah plastik. (MO)