Tangani Stunting, Koordinasi Lintas Sektor Sangat Diperlukan

Tangani Stunting, Koordinasi Lintas Sektor Sangat Diperlukan

05/02/2021 22:22 0 By Syakir

Rapat koordinasi Sunting Lintas OPD dan instansi vertikal Provinsi Gorontalo, Jumat (5/2/2021).

Hulondalo.id – Rapat koordinasi evaluasi (Rakorev) terkait penanganan stunting di Provinsi Gorontalo, digelar Bappeda Provinsi Gorontalo dengan menghadirkan lintas OPD serta mitra instansi vertikal, Jumat (5/2/2021).

Terkait itu, Kasie Kesehatan Keluarga, Pengendalian Penduduk, KB dan Gizi Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Shinto Mohamad, SST mengatakan, pihaknya sudah melakukan pertemuan dengan BKKBN selaku instansi yang ditunjuk sebagai penanggung jawab penangana stunting di daerah.

Menurut Shinto, koordinasi dan sinergitas antar lembaga sangat diperlukan untuk mendorong keberhasilan penanganan stunting di Provinsi Gorontalo.

‘”ementara itu pemerintah pusat tengah menyusun Ranperpres tentang penanggulangan stunting. sinergi perlu dilakukan agar masing-masing lembaga berperan sesuai dengan tupoksinya” ujarnya.

Dalam pertemuan itu juga diutarakan, harapan agar Pemerintah Kabupaten/Kota segera melaksanakan 8 aksi Konvergensi penanggulangan stunting tahun 2021 di daerah masing-masing.

“Untuk kepentingan sinergi serta sebagai bahan publikasi data dan informasi, dihimbau untuk menyampaikan nama-nama desa lokus percepatan penanggulangan sunting beserta nama dan alamat anak stunting,” tandasnya.

Seperti diketahui, stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis terutama pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK).

Kondisi gagal tumbuh pada anak balita disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu lama serta terjadinya infeksi berulang, dan kedua faktor penyebab ini dipengaruhi oleh pola asuh yang tidak memadai terutama dalam 1.000 HPK.

Penurunan stunting penting dilakukan sedini mungkin untuk menghindari dampak jangka panjang yang merugikan seperti terhambatnya tumbuh kembang anak. Stunting mempengaruhi perkembangan otak sehingga tingkat kecerdasan anak tidak maksimal.

Hal ini berisiko menurunkan produktivitas pada saat dewasa. Stunting juga menjadikan anak lebih rentan terhadap penyakit. (adv)