Tanggul Sungai di Bongopini Jebol, Paris: ABPD-P Akan Diperjuangkan

Tanggul Sungai di Bongopini Jebol, Paris: ABPD-P Akan Diperjuangkan

06/09/2021 22:37 0 By Jeffry

Anggota DPRD Bonebol Paris Djali saat turun langsung meninjau tanggul jebol di Desa Bongopini, Kecamatan Tilongkabila, Kabupaten Bonebol, Senin (06/09/2021) (F. Istimewa)

Hulondalo.id – Puluhan hektar sawah di Desa Bongopini, Kecamatan Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango (Bonebol) nyaris terancam gagal panen. Ini setelah salah satu tanggul jebol disebabkan tak mampu menahan debit air hujan yang menerjang aliran sungai Peapata, Ahad (05/09/2021).

Anggota DPRD Bonebol Paris Djali langsung merespon hal tersebut. Dirinya bersama kepala desa langsung berkoordinasi dengan Pemda Bonebol untuk memberikan penanganan pertama sebagai upaya mencegah luapan air yang lebih besar dan menggenangi areal persawahan.

“Terima kasih kepada Bupati Bonebol atas respon cepatnya dengan mendatangkan excavator sebagai upaya pertama untuk menghalangi benturan air yang lebih besar,” ujar Paris Djali, Senin (06/09/2021).

Dirinya juga menyebut, perbaikan tanggul yang akan berimbas pada 24 hektar sawah itu, akan diperjuangkan dalam APBD Perubahan tahun ini.

“Ini kali kedua tanggul di desa itu jebol. Dan yang pertama sudah diperbaiki dengan dibuatkan bronjong. Tadi hingga pukul 21.00 Wita tim PUPR yang dikoordinir Kadis langsung memperbaiki 2 titik yang jebol,” imbuh politisi Nasdem ini.(Jeff/Adv)