Tangkal Hoaks, Okto: Vaksinasi Lebih Didekatkan ke Rakyat

Tangkal Hoaks, Okto: Vaksinasi Lebih Didekatkan ke Rakyat

10/09/2021 18:55 0 By Maman

DPRD Prov Gorontalo Tinjau PPKM Desa Sipayo

Komisi I DPRD Provinsi Gorontalo saat meninjau pelaksanaan PKKM dan gerai vaksin di Desa Sipayo, Kecamatan Paguat, Kabupaten Pohuwato. (foto:hms)

Hulondalo.id – Anggota Komisi I DPRD Provinsi Gorontalo, Oktohari Dalanggo meminta pelaksanaan vaksinasi lebih didekatkan pada rakyat. Rakyat kata dia, tidak harus datang ke puskesmas untuk disuntik vaksin Covid-19, apalagi rakyat yang lokasinya jauh dari puskesmas atau fasilitas umum lainnya.

“Vaksinasi di desa-desa akan lebih baik, pastikan masyarakat mau melakukan vaksinasi covid-19, agar target vaksinasi tercapai,” ungkap Okto saat meninjau pelaksanaan PKKM dan gerai vaksin di Desa Sipayo, Kecamatan Paguat Pohuwato, Kamis (9/9/2021).

Okto juga mengatakan, di Desa Sipayo dari 1222 orang, yang sudah divaksin ada 300 orang lebih. Artinya kata dia, capaian vaksinasi ini masih rendah. Diakuinya, masyarakat terlanjur percaya terhadap informasi hoaks yang beredar soal vaksinasi.

“Itantangan bagi pemerintah daerah dalam memutus informasi hoaks terhadap vaksinasi bagi masyarakat di Kecamatan Paguat,” terangnya.

Politisi Golkar asal Boalemo-Pohuwato ini juga mengatakan, kasus positif Covid-19 di Desa Sipayo hingga kini masih 0. Meski Kabupaten Pohuwato termasuk dalam zona merah, namun Desa Sipayo berstatus zona hijau.

Sebab kata Okto, masyarakat selalu mematuhi protokol kesehatan yang ketat. Desa ini menjadi salah stau desa yang sangat tangguh di Kabupaten Pohuwato.

Dia juga menambahkan, selama ini bantuan sosial di kecamatan Paguat Desa Sipayo, sudah aman dan terdistribusi secara merata.

Sementara itu, Kepala Desa Sipayo, Djafar Monoarfa mengatakan, penanganan Covid-19, sudah berusaha sebagai tugas pemerintah desa mulai pembentukan Satgas, posko PPKM, sosialisasi kepada masyarakat setiap harinya.

Setiap pelaksanaan hajatan kata Djafar, pemerintah desa selalu mengimbau masyarakat untuk menyiapkan masker dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Capaian vaksinasi di Desa Sipayo saat ini, sudah berkisar 30%,” ujarnya. (Inkri/HL)