Tangkal Virus Corona, ini Tips dari Dokter Spesialis Paru-paru

Tangkal Virus Corona, ini Tips dari Dokter Spesialis Paru-paru

03/03/2020 19:37 0 By Maman

Infografis: anwart/hulondalo.id

 

Hulondalo.id – Virus Corona jangan ditanggapi dengan keresahan apalagi panik. Dokter Spesial Penyakit Paru RSAS Kota Gorontalo dr. Zukri Antuke Sp.P punya tips terhindar dari penyakit yang oleh WHO diberi nama Covid-19 ini.

Dalam jumpa pers di Kantor Dikes Provinsi Gorontalo Selasa (3/2/2020), point pertama untuk terhindar dari virus ini kata Zukri, jangan panik. Namun bukan berarti tidak waspada. Waspada kata dia, terhadap batuk, pilek, sakit tenggorokan, dan deman.

Jika gejala ini muncul, maka sebaiknya segera berobat ke layanan kesehatan yang ada. Selain itu, menjaga pola hidup sehat dengan rajin mencuci tangan pakai sabun atau antiseptik, menghindari memegang area T (Mata, Mulut, Hidung) sebelum cuci tangan, juga penting dijalankan.

Berikutnya kata dia, gunakan masker saat sakit, makan yang mengandung gizi, istirahat cukup, hindari aktivitas yang menurunkan imunitas, olahraga, serta menghindari kontak dengan yang terindikasi terpapar virus Covid 19.

Dirinya mengajak masyarakat, dengan sikap kewaspadaan untuk meningkatkan imunitas tubuh. Sebab, untuk mencegah masuknya virus ini, diimbangi dengan imunitas yang baik dalam tubuh.

“Hasil penelitian mengungkap, rata-rata yang terkena penyakit virus ini berada di usia tua,” jelasnya. (Rinto)