Target 2024 Kota Gorontalo Bebas Katarak

Target 2024 Kota Gorontalo Bebas Katarak

16/07/2021 19:50 0 By Syakir

Rapat tindak lanjut bakti sosial operasi katarak, yang digelar di Aula Kantor Walikota Gorontalo, Jumat (16/7/2021)

Hulondalo.id – Pemerintah kota Gorontalo akan melakukan identifikasi dini pencegahan penyakit katarak bagi para usia renta. Upaya penanganan akan menyasar dari hulu ke hilir meminimalisir kerawanan pengidap katarak, dengan cara mengintensifkan pemeriksaan kesehatan bagi penderita penyakit penyerta.

“Ini yang menjadi PR (pekerjaan rumah) bagi kita semua.Dari 100 orang yang ditargetkan, hanya 36 orang yang memenuhi syarat bisa dioperasi,” ujar Asisten Pemerintahan dan Kesra Deddy kadullah, dalam rapat  tindak lanjut kegiatan bakti sosial operasi katarak, di aula Kantor Walikota Gorontalo, Jumat (16/7/2021).

Sebelumnya, Pemerintah Kota Gorontalo bekerjasama dengan Perdami menggelar bakti sosial operasi katarak. Hanya saja, dari porsi 100 orang yang siapkan tidak terpenuhi keselurahan, karena memiliki riwayat penyakit penyerta (komorbid).

Dari pengalaman tersebut, Deddy meminta dinas kesehatan mendata dan menelusuri riwayat penyakit yang diderita khususnya para usia renta. dengan demikian upaya menekan angka penyakit katarak akan lebih efektif.

“tidak hanya melakukan pengobatan, tapi juga dibarengi dengan pencegahan,” ujar Deddy.

Menuntaskan katarak juga menjadi program prioritas Dinas Kesehatan, dengan target tahun 2024 Kota Gorontalo bebas katarak.

“bagi yang tertunda akan kita screaning kembali. sisanya kan lagi ada 64, tapi apabila ada yang ingin mendaftar kita beri kesempatan,” ujar Mohammad Kasim Kepala Dinas Kesehatan Kota Gorontalo. (Inkri/Adv)