Target Pembangunan Secaba TNI Gorontalo Bakal Molor, Gubernur: Jangan Hanya Rapat Terus

Target Pembangunan Secaba TNI Gorontalo Bakal Molor, Gubernur: Jangan Hanya Rapat Terus

22/03/2021 19:47 0 By Alex

Secaba TNI Gorontalo

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie didampingi Wakil Gubernur Idris Rahim dan Danrem 133/NWB Brigjen TNI Bagus Antonov Hardito saat memimpin rapat koordinasi pengadaan tanah Secaba TNI Gorontalo, Senin (22/3/2021). (F. Ryan).

Hulondalo.id – Target pembangunan Sekolah Calon Bintara (Secaba) TNI Gorontalo yang sejatinya akan dimulai pada Maret 2021 rupanya bakal molor.

Pasalnya, pengurusan lahan untuk lokasi Secaba TNI Gorontalo di Desa Tabongo Barat, Kecamatan Tabongo, Kabupaten Gorontalo itu belum juga selesai.

Sebelumnya, lokasi pertama pembangunan Secaba TNI Gorontalo di Kecamatan Bilato, Kabupaten Gorontalo batal. Meski demikian, Pemkab Gorontalo belum mencabut surat di Kanwil BPN pada penetapan lokasi pertama.

“Pada rapat lalu ditargetkan Maret ini pembangunannya. Sampai sekarang malah belum mulai, hanya rapat terus. Tadi saya cek, intinya ada di Pak Bupati Nelson,” kata Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat rapat terbatas, Senin (22/3/2021).

“Kita mulai dulu dari pencabutan surat yang lokasi pertama, kemudian segera revisi RTRW (Rencana Tata Ruang Wilayah). Ini dulu yang paling penting,” sambung Rusli tegas.

Sebelumnya, PT Tilata selaku pemegang Hak Guna Usaha (HGU) telah sudah merestui pemanfaatan lahan untuk dibangun Secaba TNI Gorontalo. Gubernur Rusli Habibie pun meminta kepada Pemkab Gorontalo untuk segera menyelesaikan segala prosedur administrasinya.

“Bantuan dana dari Pemerintah Provinsi Gorontalo sudah siap. Tahun lalu kami sudah menganggarkan Rp 1 Miliar untuk lokasi pertama, tapi karena aturannya tidak sesuai dan pembangunannya tidak jadi di situ, maka kita tarik lagi (dananya),” ucap Rusli.

Dia pun berterima kasih kepada PT Tilata, Helena Ngabito yang telah merelakan lahannya untuk dijadikan lokasi pembangunan Secaba.

“Insya Allah ini jadi amal jariyah, karena kita membantu anak-anak muda Gorontalo mewujudkan cita-citanya menjadi anggota TNI,” kata Rusli.

Rapat tersebut turut dihadiri Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim, Danrem 133/Nani Wartabone Brigjen TNI Bagus Antonov Hardito, Sekretaris Provinsi Gorontalo Darda Daraba, Sekretaris Kabupaten Gorontalo, Kanwil BPN Provinsi Gorontalo dan sejumlah pimpinan OPD Provinsi dan Kabupaten Gorontalo, serta pemilik HGU.(adv/alex)