Target Pemkab Boalemo Nilai SAKIP AA

Target Pemkab Boalemo Nilai SAKIP AA

23/02/2021 16:49 0 By Yadin

Coaching clinic Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP), Selasa (23/2/2021).

Hulondalo.id – Pelaksana tugas Bupati Boalemo, Anas Jusuf membuka kegiatan coaching clinic Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP), Selasa (23/2/2021).

Acara tersebut dirangkaikan dengan penguatan reformasi birokrasi tingkat Kabupaten Boalemo.

Anas menyampaikan nilai SAKIP di Kabupaten Boalemo sejak berdiri tahun 1999 belum menggembirakan.

“Nanti tahun 2019 kita meraih peringkat B. Alhamdulillah, dengan komitmen semua pimpinan OPD, walaupun kami baru beranjak dari nilai C ke nilai B, nilainya baru 61,86 pada tahun 2019 yang lalu. Namun, kami bertekad akan meningkatkan sistem akuntabilitas kita. Apalagi dengan adanya sistem penyusunan anggaran akan memperkuat dan mengarahkan seluruh program-program berbasis kinerja dan anggaran, serta dengan sistem ini semua program yang prioritas akan masuk di program perencanaan,” ungkap Anas.

Kata Anas, rekomendasi tim evaluator Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) atas SAKIP Kabupaten Boalemo tahun 2019 yang lalu, menerangkan bahwa perangkat daerah harus menyusun langkah-langkah perbaikan dalam rangka peningkatan SAKIP, begitupun reformasi birokrasi di Kabupaten Boalemo.

“Atas rekomendasi Kemenpan RB tersebut, maka kegiatan saat ini sangat perlu untuk dilaksanakan, karena kemampuan managerial para pejabat strategis inilah yang akan menentukan kinerja perangkat daerah kedepan, apakah baik atau sebaliknya,” jelasnya.

Politisi PAN Boalemo ini pun menegaskan bahwa model choaching clinic apapun yang dilakukan, namun yang paling utama yaitu komitmen untuk melaksanakan hasil-hasil dari kegiatan yang dilaksanakan saat ini.

“Ini yang selalu kami sampaikan disetiap kegiatan, termasuk apel pagi, bahwa dibutuhkan kesungguhan kerja dan fokus dalam menata birokrasi,” pesannya.

“Kami memberikan target, SAKIP tahun ini harus bisa nilai AA. Dan itu butuh komitmen kita semua,” pungkasnya. (Mg-03/adv)