Tata Rancangan Pembelajaran Sesuai Standar Nasional

Tata Rancangan Pembelajaran Sesuai Standar Nasional

10/09/2021 22:41 0 By Maman

Bimtek Rancangan Pembelajaran UBM Gorontalo

Bimtek penataan rancangan pembelajaran sesuai dengan standar nasional pendidikan tinggi yang digelar oleh UBM Gorontalo.

Hulondalo.id – Dalam rangka penataan rancangan pembelajaran sesuai dengan standar nasional pendidikan tinggi, yang diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 3 tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, Universitas Bina Mandiri (UBM) Gorontalo menyelenggarakan Bimbingan Teknis Rumusan Profil Lulusan dan capaian kompetensi lulusan studi lingkungan UBM Gorontalo.

Kegiatan yang dilakukan secara daring ini, dihadiri Dekan 2 Fakultas dan dibuka langsung Wakil Rektor 1 Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, William Indra S. Mooduto, SE., M.SA, Ak.Ca.

Dalam sambutannya, Warek menegaskan pentingnya rumusan profil lulusan dan capaian pembelajaran lulusan yang jelas dan tepat, yang akan mempermudah dosen-dosen dalam penyusunan rencana pembelajaran semester atau RPS.

Sementara itu, Kepala BPM, Dr. Ikram Muhammad, M.Si sekaligus pemateri bimbingan teknis menjelaskan tentang teknik penyusunan profil lulusan, capaian pembelajaran lulusan, serta membuat matriks CPL dan mata kuliah.

“Cara menerangkan bahwa dengan matriks PPL dan mata kuliah yang dibuat oleh program studi akan memudahkan para dosen dalam penyusunan RPS, maupun dalam perancangan capaian pembelajaran mata kuliah atau CPMK,” ungkap Dr. Ikram.

Dengan hierarki semacam ini, maka profil lulusan yang diharapkan oleh program studi dapat diwujudkan dalam proses perguruan tinggi yang jelas dan terarah. (ais/rls)