Tekan AKI & AKB, Bupati: Tidak Boleh Dipandang Remeh

Tekan AKI & AKB, Bupati: Tidak Boleh Dipandang Remeh

13/07/2021 23:33 0 By Maman

Rakor AKI AKB Bupati Indra

Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin saat mengikuti Rakor AKI dan AKB. (foto:hms)

Hulondalo.id – Pemkab Gorontalo Utara terus melakukan berbagai upaya untuk menekan dan mengurangi Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB). Persoalan tersebut, tidak boleh dipandang remeh.

“Ini persoalan yang tidak boleh kita pandang remeh, bagaimanapun perhatian kita untuk ibu-ibu yang hamil dan bayi sangat penting,” ujar Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin, usai membuka Rakor Lintas Sektor menurunkan AKI-AKB, meningkatkan cakupan ASI ekslusif, melalui pembentukan KP-ASI Tingkat Gorontalo Utara di D’Qta Aja Cafe & Resto, Selasa (13/7/2021).

Bupati mengatakan, bayi adalah  generasi yang nantinya mewarisi atau meneruskan generasi. Sebab itu, sejak dini harus diperhatikan.

Bupati meminta, ibu hamil secara rutin melakukan pengecekan di puskesmas ataupun  rumah sakit. Agar perkembangan bayi, maupun kesehatan ibu yang hamil, benar-benar bisa dikendalikan.

“Ibu-ibu hamil juga nanti ada makanan tambahan, sehingga tidak kekurangan vitamin, gizi yang bisa berpengaruh pada bayi yang dikandung,” tukasnya.

Setelah melahirkan, perhatian juga harus diberikan kepada bayi, khususnya saat menyusui. Jangan diberikan susu formula.

“Seharusnya ASI ekslusif, sehingga daya tahan tubuh bisa terjamin,” imbuhnya.

Selain fasilitas, Bupati juga meminta kepada organisasi PKK dan PIAD, untuk memprogramkan makanan tambahan untuk ibu menyusui maupun anak-anak.

Bupati menambahkan, dokter spesialis seperti dokter kandungan, bedah, penyakit dalam dan penyakit anak, juga sangat dibutuhkan untuk penanganan ketika terjadi permasalahan dilapangan.

“Kedepan akan ada mobil khusus untuk penanganan ibu dan anak, jika terjadi hal-hal yang diluar dugaan, bisa secepatnya tertangani menggunakan mobil khusus ibu dan anak,” ungkap Bupati. (Prin/Adv)