Tekan Covid-19, Kapolda Gorontalo Minta KPU, Bawaslu dan Parpol Taati Maklumat Kapolri

Tekan Covid-19, Kapolda Gorontalo Minta KPU, Bawaslu dan Parpol Taati Maklumat Kapolri

22/09/2020 23:18 0 By Alex

Maklumat Kapolri

Kapolda Gorontalo Irjen Pol Akhmad Wiyagus bersama Danrem 133/Nani Wartabone saat sosialisasi Maklumat Kapolri kepada pimpinan partai politik di Kabupaten Bone Bolango, Selasa (22/9/2020).

Hulondalo.id – Kapolda Gorontalo, Irjen Pol Akhmad Wiyagus menekankan kepada penyelenggara Pilkada Serentak dan para pimpinan partai politik untuk mematuhi Maklumat Kapolri tentang kepatuhan protokol kesehatan Pilkada 2020.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Idham Azis telah mengeluarkan Maklumat bernomor MAK/3/IX/2020, yang terbit pada tanggal 21 September 2020.

Dalam Maklumat tersebut ditekankan bahwa pelaksanaan Pemilihan Tahun 2020, tetap mengutamakan keselamatan jiwa dengan mematuhi kebijakan dan peraturan pemerintah terkait penanganan, pencegahan serta protokol kesehatan Covid-19.

“Saya berharap kepada para pimpinan Parpol dan juga penyelenggara Pilkada, dalam hal ini KPU dan Bawaslu, menindaklanjuti isi maklumat Kapolri dan silakan diteruskan kepada seluruh jajarannya, termasuk kepada massa pendukung dan semua pihak,” tegas Irjen Pol Akhmad Wiyagus saat tatap muka bersama KPU, Bawaslu dan pimpinan parpol se Kabupaten Bone Bolango, Selasa (22/9/2020).

Didampingi Danrem 133/Nani Wartabone, Brigjen TNI Bagus Antonov Hardito, Kapolda Gorontalo juga menjelaskan bahwa tujuan utama Maklumat Kapolri itu tidak lain untuk mewujudkan Pilkada serentak yang aman, damai, demokratis dan sehat, tanpa menimbulkan kluster baru.

Apalagi sesuai dengan jadwal tahapan Pilkada serentak, akan segera ditetapkan pasangan calon pada besok, Selasa (23//9/2020), dan pengundian nomor urut, Rabu (24/9/2020).

maklumat kapolri

Terpisah, Ketua KPU Bone Bolango, Adnan Berahim pun mengungkapkan, pihaknya siap menindaklanjuti Maklumat Kapolri tersebut dan akan segera diteruskan kepada para pasangan calon hingga pimpinan parpol.

“Untuk pelaksanaan tahapan Pilkada selanjutnya, kami sudah koordinasi dengan Kapolres untuk mempedomani protokol kesehatan. Dengan Maklumat Kapolri ini akan kami teruskan untuk dipedomani agar dalam tahapan Pilkada tetap mematuhi protokol kesehatan.(adv/alex)