Tekan Penularan Covid-19, Warga Kota Gorontalo Rajin Rapid Test

Tekan Penularan Covid-19, Warga Kota Gorontalo Rajin Rapid Test

29/11/2020 20:26 0 By Syakir

Infografis peta penyebaran covid-19 Kota Gorontalo. (sumber: Dikes Kota Gorontalo)

Hulondalo.id – Pemerintah Kota Gorontalo melakukan penanganan secara masif untuk memutus penyebaran covid-19. Termasuk mendorong warga untuk mematuhi protokol kesehatan, serta menjalani rapid test yang dibuka di semua fasilitas kesehatan milik pemerintah.

“Terakhir kondisi Kota Gorontalo dari pandemi Covid-19, menunjukkan progress yang sangat baik,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Gorontalo, Muhamad Khasim.

Dikatakannya juga, penanganan dilakukan secara massif dan melibatkan berbagai unsur, termasuk TNI/Polri.

Seperti, membuka pelayanan pemeriksaan kesehatan di seluruh Puskesmas se Kota Gorontalo, dan layanan covid-19 di Kantor Dinas Kesehatan Kota Gorontalo.

Kedua, operasi Yustisi dengan jajaran TNI/Polri, di seluruh tempat umum dalam rangka penegakkan Perda Nomor 4 tahun 2020, dan edukasi 3M yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan kepada masyarakat.

“Termasuk membatasan jumlah masyarakat baik dalam pelaksanaan kegiatan di setiap tempat umum juga kegiatan yang digelar Pemerintah Kota Gorontalo,” imbuhnya.

Khasim mengaku, upaya pemerintah itu terbantu dengan tingginya kesadaran masyarakat khususnya di Kota Gorontalo untuk mematuhi protokol kesehatan.

“Ini dapat dilihat dari banyaknya masyarakat yang berinisiatif untuk melakukan pemeriksaan rapid test di Kantor Pelayanan Dinas Kesehatan Kota Gorontalo, di setiap harinya,” kata Khasim.
Baginya, dukungan yang ditunjukkan masyarakat tersebut sangat membantu upaya pemerintah, dalam memutus rantai penyebaran covid-19.

“Kami sangat berharap, dukungan ini terus berkelanjutan sampai dengan pandemi di Kota Gorontalo benar-benar tidak ada lagi,” tandasnya. (mg-02)