Telusuri Aset Daerah Diluar Gorontalo, Ini Temuan Pansus

Telusuri Aset Daerah Diluar Gorontalo, Ini Temuan Pansus

27/05/2021 20:21 0 By Maman

Pansus Aset Daerah

Pansus DPRD Provinsi Gorontalo menggelar rapat membahas aset daerah bersama eksekutif. (foto:inkri)

Hulondalo.id – Panitia Khusus (Pansus) yang dibentuk DPRD Provinsi Gorontalo, menemukan banyaknya aset Pemprov Gorontalo yang ada diluar daerah. Jika diuangkan kata dia, nilainya mencapai Rp 6 triliun.

Ketua Pansus, Thomas Mopili mengatakan, jika dijumlahkan kurang lebih Rp 6 Triliun. Aset berupa tanah saja kata dia,berkisar 1.600 persil yang tersebar diseluruh Indonesia.

“Sebagian besar pejabat di Gorontalo tak tahu aset diluar daerah ini, olehnya, yang menentukan daftar seluruh aset Pemprov Gorontalo ini adalah, pansus yang sudah di bentuk,” ungkapnya, Kamis (27/5/2021).

“Kami akan bekerja lebih ekstra, verifikasi secara faktual, kami juga akan datangi satu persatu aset di luar daerah ini,” tambahnya.

Seperti aset yang ada di Pontianak Kalimantan Barat kata Thomas, ada aset berupa kapal dengan nilai Rp 1,6 Miliar. Aset itu baru dijelaskan pemerintah dalam rapat tersebut.

“Saya tak tahu, apa dampak positif serta kontribusi kapal tersebut terhadap daerah, sehingganya, kita akan menelusuri lebih jauh, termasuk meminta surat perjanjian kerjasama soal kapal tersebut,” ungkap Politisi Golkar asal Gorontalo Utara ini.

Thomas menambahkan, aset daerah tersebut ada yang tidak tercatat, ada yang dikuasai orang lain, dan ada yag tak bersertifikat serta bermasalah hukum.

“Kita meminta pimpinan DPRD memperpanjang masa kerja pansus untuk menelusuri lebih lanjut, kita juga akan mendalami masalah ini,” ujarnya.

Instansi terkait seperti Kejaksaan Tinggi (Kejati), Biro Hukum dan keuangan pemerintah daerah khususnya bidang aset dan penyusun naskah akademik, akan dilibatkan sama-sama mengawal ini.

“Kita akan tuntaskan seluruh aset ini secara masif, kita akan mendatangi aset milik rakyat Provinsi Gorontalo dengan cara persuasif,” tegasnya. (Inkri/Adv)