Tensimeter, Termometer, & Dantal Amalgam Berbahan Merkuri Resmi Ditarik

Tensimeter, Termometer, & Dantal Amalgam Berbahan Merkuri Resmi Ditarik

19/09/2020 15:09 0 By Maman

Alat kesehatan berbahan merkuri yang ditarik. (foto:istimewa)

Hulondalo.id – Alat kesehatan berbahan merkuri dihapus penggunaannya oleh Kementerian Kesehatan RI, sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Kesehatan nomor 41 Tahun 2019. Sebelum Desember 2020 mendatang, seluruh fasilitas layanan kesehatan (Fasyankes) wajib menghapus alat kesehatan tersebut.

Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja, dan Olahraga, Sabri Panigoro mengatakan, alat kesehatan tersebut diantaranya, tensimeter, termometer, dan dental amalgam. Sabri juga mengatakan, seluruh fasyankes bertanggung jawab untuk mengumpul dan menyimpan alat kesehatan tersebut.

“Penyimpanan sementara ini di fasyankes masing-masing,” kata Sabri, Jum’at (18/9/2020).

Penyediaan Depo Storage kata dia, akan dilaksanakan oleh KHLK dan berkoordinasi dengan Gubernur, Bupati, dan Walikota. Dinas kesehatan kabupaten/kota juga, wajib melakukan pendampingan, monitoring dan evaluasi terhadap penghapusan serta penarikan alat kesehatan bermerkuri ini, di wilayah kerja masing-masing.

“Kementerian Kesehatan akan memberikan penghargaan kepada pemerintah daerah provinsi kabupaten dan kota serta fasyankes yang berhasil mencapai 100% tidak menggunakan alat kesehatan bermerkuri,” ungkapnya.

Namun, jika ada fasyankes yang belum menghapus penggunaan alat kesehatan bermerkuri ini, akan diberikan peringatan maupun sanksi admiminstratif secara tertulis. (Rinto)