Tepis Angka Kematian Ibu dan Balita, Bupati Darem Launching Program Gerbang Sakina

Tepis Angka Kematian Ibu dan Balita, Bupati Darem Launching Program Gerbang Sakina

30/09/2020 15:44 0 By Narto

Bupati Boalemo Darwis Moridu melantik dan mengukuhkan tim Pokja Gerbang Sakina tingkat Kabupaten Boalemo.(f.humas)

Hulondalo.id – Bupati Boalemo, Darwis Moridu mengapresiasi pembentukan dan pengukuhan tim Pokja Gerakan Bersama Dampingi Stop Angka Kematian Ibu, Bayi dan Balita (Gerbang Sakina) tingkat Kabupaten Boalemo.

Kegiatan itu dihadiri Penjabat Sekda Yakop Musa, Kadis Kesehatan Sutriyani Lumula, para pimpinan OPD, camat, pengurus PKK bersama Kepala Puskesmas bertempat di Gedung Putra Tunggal pada Rabu (30/9/2020).

Dalam kesempatan itu, Bupati Darwis Moridu menyampaikan bahwa kematian Ibu, Bayi dan Balita masih menjadi polemik besar dalam dunia kesehatan. Dalam kurunbwaktu 3 tahun terakhir ini terjadi peningkatan kasus kematian ibu dan bayi.

Merujuk persoalan tersebut, Dinas Kesehatan Kabupaten Boalemo tengah menempuh upaya percepatan penurunan angka kematian ibu, bayi dan Balita.

Yakni lewat program inovasi melibatkan seluruh OPD, organisasi profesi, tim penggerak PKK, gabungan organisasi wanita dan lintas sektor terkait. Semua demi meningkatkan derajat kesehatan ibu dan anak melalui gerakan bersama dampingi stop angka kematian ibu, anak dan Balita di Bumi Boalemo.

“Saya berharap adanya program inovasi Gerbang Sakina ini makin mengoptimalkan penurunan angka penurunan kematian ibu, anak dan Balita serta menjadikan Kabupaten Boalemo mampu melahirkan para generasi cerdas dan sehat. Saya juga berharap kepada tim Pokja baru saja dikukuhkan agar melahirkan ide-ide dan inovasi program kerja Gerbang Sakina yang nantinya masuk dalam RKA masing-masing OPD,” ingat orang nomor satu di Bumi Boalemo Damai Bertasbih itu.

Bupati Boalemo Darwis Moridu didampingi Ketua TP PKK Boalemo Hj. Rensi Makuta Moridu SE,MAk bersama Penjabat Sekda Yakop Musa, Kadis Kesehatan dan tim Pokja Gerbang Sakina.(f.humas)

Diakhir kegiatan itu pula, Bupati Darwis Moridu melaunching program Gerbang Sakina sekaligus mengukuhkan tim Pokja tingkat Kabupaten Boalemo.(Narto/adv).